Sukses

PPP Ajak PAN dan Golkar Dukung Ganjar, Mardiono: Bisa Jadi KIB Plus

Saat ini baru PPP parpol dari KIB yang telah menyatakan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. Sementara itu, PDIP menyambut dengan tangan terbuka apabila ada parpol lain yang akan bekerja sama mendukung Ganjar.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono menyatakan, pihaknya sudah berencana mengajak PAN dan Golkar yang merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Menurut Mardiono, KIB tidak akan bubar setelah partainya memutuskan mendukung Ganjar Pranowo di 2024, melaikan berpotensi membesar menjadi KIB Plus

"Saya sebagai Plt aketua mengajak KIB untuk bersama dengan pilihannya dengan PPP. Kalau itu terjadi saya sampaikan itu namanya KIB plus ya," kata Mardiono di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Minggu (30/4/2023).

Meski demikian, Mardiono menyebut ajakan itu tidak bersifat memaksa. Ia menyebut setiap partai di KIB memiliki kedaulatannya masing-masing dan tidak saling mencampuri urusan internal partai lain.

"Bagaimana kalau itu berbeda? Ya itu keniscayaan dalam suatu perpolitikan nasional itu adalah keniscayaan politik. Negara kira adalah negara demokrasi yang kita punya hak untuk menentukan pilihan," kata Mardiono.

Dia mengklaim saat ini KIB tetap guyub dan solid dengan komitmen koalisi, kendati PPP lebih dulu menyatakan dukungannya terhadap Ganjar.

"Jadi tidak membatasi ruang itu dan sampai sekarang Alhamdulillah hasil pertemuan kami dengan KIB, KIB tetap solid, guyub, rukun. Nanti manakala pilihannya beda Alhamdulillah kalau beda ya semuanya untuk Indonesia," kata Mardiono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDIP Terbuka dengan Peluang Terbentuknya KIB Plus

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyambut dengan tangan terbuka apabila ada tambahan partai yang ingin melakukan kerja sama politik di Pilpres 2024.

"Dalam hal KIB punya capres lain akan dihormati. Alhamdulillah kalau bisa sama-sama jadi KIB plus," kata Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini