Sukses

Pemerintah Pastikan Pembangunan IKN Terus Berlanjut, Tak Terganggu Tahun Politik

Pemerintah memastikan pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan terus berlanjut dan tidak akan terganggu meski saat ini Indonesia tengah memasuki tahun politik alias menuju Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memastikan pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan terus berlanjut dan tidak akan terganggu meski saat ini Indonesia tengah memasuki tahun politik alias menuju Pemilu 2024.

“Lanjut, bagi saya nggak ada urusan,” tutur Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kepada wartawan, Jumat (28/4/2023).

Menurut Basuki, saat ini sudah sekitar 80 persen pekerja yang masuk ke IKN. Dia memastikan seluruhnya sudah mulai kembali bekerja setelah masa libur Lebaran 2023.

“Jalan terus ini sudah ada sekitar, kan total di sana yang berkerja 8 ribu orang. Sekarang sudah ada 80 persenan sudah masuk ke sana lagi. Jadi sudah mulai kerja lagi,” jelas dia.

Basuki turut menanggapi dinamika tahun politik yang dinilai berpotensi mengganggu pembangunan IKN. Terlebih dengan adanya pergantian kepemimpinan yakni presiden dan wakil presiden.

“Dari dulu gitu kan, tapi tetap kita yakinkan saja. Memang sudah ada beberapa yang katanya masuk LoI (Letter of intent), lewat saya sudah ada beberapa LoI. Dan saya berikan ke otorita. Masalahnya hanya pembelian tanahnya ini yang belum disiapkan oleh otorita,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo atau Jokowi rencananya akan kembali melakukan kunjungan kerja ke IKN.

“Kemarin saya dipanggil, itu dalam waktu dekat, gitu,” Basuki menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Bertemu PM Ceko, Ajak Berinvestasi ke IKN

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan dengan PM Republik Ceko, Petr Fiala. Pada pertemuan itu, Jokowi juga mengajak pemerintahan Ceko untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Saya juga mengundang Ceko untuk berinvestasi di IKN Nusantara,” kata Jokowi usai pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa 18 April 2023.

Dia mengajak Ceko untuk melakukan investasi di bidang transportasi di ibukota baru tersebut. “Terutama di bidang transportasi masal ramah lingkungan,” kata Jokowi.

Sementara itu, Fiala mengaku senang dapat mengunjungi Indonesia, ia juga memuji keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah G-20.

"Saya sangat senang dapat mengunjungi negara anda yang indah. Izinkan saya sekali lagi menyampaikan selamat atas presidensi G-20 pada 2022. Acara itu sangat sukses dan saya mendoakan keberhasilan anda pada presidensi asean tahun ini," kata Fiala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.