Sukses

Cegah Kepadatan saat Arus Balik, Puan Imbau Pemudik Ambil Cuti Tambahan atau WFH

Puan mengimbau masyarakat terutama pemudik mengikuti arahan Presiden Jokowi untuk tidak buru-buru kembali ke kota guna meminimalisasi kepadatan saat arus balik Lebaran 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti potensi kepadatan arus lalu lintas pada momentum arus balik Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M. Untuk mengantisipasi potensi kepadatan kendaraan saat arus balik, Puan mengimbau agar para pemudik untuk menunda sementara waktu kembali ke kota.

Puan pun mendorong agar para pemudik mengikuti saran yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo untuk menambah masa cuti atau setidaknya bekerja dari rumah (work from home/WFH) guna menunda kepulangan ke Ibu Kota.

“Penundaan kepulangan bisa mengurangi penumpukan kendaraan dan penumpang di transportasi massal,” kata Puan dalam keterangan tertulis diterima, Rabu (26/4/2023).

Selain itu, putri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri ini juga mengingatkan soal penerapan rekayasa lalu lintas saat arus balik libur Idul Fitri 1444 H, bisa dilakukan dengan baik. Hal ini dikarenakan terdapat potensi penumpukan kendaraan di sejumlah ruas jalan utama dan juga pintu tol yang mengarah ke Jabodetabek.

“Berkaca arus mudik kemarin, masih banyak kepadatan di sejumlah titik. Terlebih di pintu-pintu tol yang menjadi penyebab penumpukan kendaraan,” ungkap Puan.

Dia pun mendorong agar posko mudik bisa diperbanyak. Hal ini demi mengurai kepadatan bila mana pengendara memilih untuk beristirahat atau merasa kelelahan.

"Tenaga kesehatan (nakes) diperbanyak di posko-posko mudik mengingat adanya potensi penumpukan kendaraan di puncak arus balik Lebaran," ucap Puan Maharani.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puan Minta Pemudik Siapkan Kondisi Fisik Prima

Bila terjadi penumpukan, lanjut Puan, strategi antisipasi harus segera berjalan. Seperti penerapan contraflow atau buka tutup jalan satu lajur.

Di sisi lain, mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) ini juga mengingatkan agar masyarakat menyiapkan kondisi fisik yang prima saat melakukan perjalanan.

Terlebih, kata Puan, Lebaran 2023 ini menjadi libur dengan jumlah pergerakan masyarakat terbesar sepanjang sejarah pengoperasian jalan tol.

“Pemudik harus menyiapkan kondisi fisik, jangan sampai kelelahan saat terjadi kemacetan. Apabila mengantuk, lebih baik istirahat dulu sejenak,” tutup cucu Bung Karno ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini