Sukses

KIB Gelar Pertemuan Kamis Besok, Dihadiri Zulhas, Airlangga, dan Mardiono

KIB akan melakukan pertemuan tertutup untuk menyikapi situasi politik terkini terutama setelah PDIP mengumumkan mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari PAN, PPP, dan Partai Golkar akan menggelar pertemuan besok Kamis, 27 April 2023. Pertemuan akan dihadiri oleh Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Plt Ketum PPP Mardiono.

"Kalau KIB ini tanggal berapa? Besok malam kami ketemuan. Besok malam sama Pak Airlangga pertemuan. Pak Airlangga dan Pak Mardiono tanggal 27 ya," kata Zulhas usai bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (26/4/2023).

Menurut dia, pertemuan akan dilakukan di kediaman Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Namun, Zulhas tak menyebut agenda yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut.

"Ya kan ketemu dulu. Di tempat Pak Airlangga," ujarnya.

Zulhas belum mau berbicara banyak terkait nasib Koalisi Besar, usai PDIP resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. Dia menyebut KIB akan menggelar pertemuan terlebih dahulu.

"Ya itu kan ketemu dulu," ucap dia.

Terkait dukungan di Pilpres 2024, Zulhas menyampaikan partainya belum menentukan sikap. Menurut dia, penyelenggaraan Pilpres 2024 masih panjang.

"Belum, masih panjang," tuturnya.

Sikapi Keputusan PDIP Usung Ganjar

Sebelumnya, Zulkifli Hasan mengungkapkan KIB akan menggelar rapat secara tertutup dalam waktu dekat. Rapat digelar untuk menyikapi keputusan PDIP yang telah resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

"Tentu habis ini kita akan lebih intens lagi untuk melakukan diskusi-diskusi lebih lanjut agar komitmen kebangsaan kita ini tetap kuat. Untuk melanjutkan pembangunan sehingga meletakkan fondasi yang kokoh untuk kemajuan Indonesia," kata Zulhas saat ditemui di rumahnya, kawasan Cipinang, Jakarta Timur, Sabtu (22/4/2023).

Menurut dia, komunikasi intens akan dibangun tak hanya dengan anggota KIB, yakni PAN, PPP, Golkar, dalam menyikapi dinamika politik tersebut. Dia mengatakan, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan anggota Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR), yakni Gerindra dan PKB.

Oleh karena itu, pertemuan tersebut akan mengundang semua partai anggota Koalisi Besar.

"(Pertemuan) tertutup saya kira. Saya usulkan waktu itu semuanya ikut (KIB dan KIR)," ujar Zulhas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nama Ganjar Disuarakan Akar Rumput PAN

Sementara, saat disinggung nama Ganjar dalam internal PAN, Zulhas mengakui sosok Gubenur Jawa Tengah itu memang sudah disuarakan di beberapa akar rumput. Karenanya, dia mengomunikasikan hal ini di internal PAN.

"Ya banyak, Jawa Tengah sudah berapa kali, kemudian Indonesia Timur. Banyak kita tentu kita akan lakukan komunikasi lebih intens," ungkap Zulhas.

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily juga membenarkan soal rencana pertemuan KIB. Dia mengatakan Ketua Umum Airlangga Hartarto bakal melakukan sejumlah pertemuan dalam waktu dekat.

Pertemuan itu akan berlangsung antara KIB dan juga KIR dalam rangka penjajakan Koalisi Besar usai PDIP mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.