Sukses

Area Wisata Ragunan Padat Saat Libur Lebaran 2023, Ini Penyebabnya

Kepadatan lalu lintas sempat terjadi di kawasan menuju Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan pada Minggu (23/4/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Kepadatan lalu lintas sempat terjadi di kawasan menuju Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan pada Minggu (23/4/2023). 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan, pengunjung di sejumlah tempat wisata mengalami peningkatan. Salah satu yang ramai disambangi Taman Margasatwa Ragunan.

"Ada (peningkatan) di seputaran tempat wisata. Ragunan ramai, tapi bisa diatur," ujar dia kepada wartawan, Minggu (23/4/2023).

Latif pun menyinggung kepadatan di Taman Margasatwa Ragunan. Salah satunya akibat pengelolahan tiket.

"Katanya kan pakai online tapi kok masih terima pakai offline. Ini yang menjadi kepadatan Jadi pengunjung kan kemarin sudah menggunakan online, tapi offline pun masih diterima. Ini menjadi crowded banyak pengunjung, harusnya dibatasi jumlah pengunjung nya," ungkap dia.

Terkait hal itu, kepolisian langsung turun mengatur arus lalu lintas supaya tidak terjadi kepadatan di dalam area wisata. Masyarakat diimbau tidak memaksakan diri.

"Kalau sudah penuh kita tutup, kita penjagaan saja. Cuman mengatur arus lalu lintas nya, masuk nya kemana dan keluar nya ke mana," ujar dia.

Ke depan, Latif menerangkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pengelola agar kejadian serupa tak terulang lagi.

"Kita pantau. Kalau online kan sudah diketahui jumlah nya berapa, kapan masuk. Jadi kita sudah perkirakan," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Antusias Wisata Saat Libur Lebaran, Lalu Lintas ke Ragunan Padat

Arus lalu lintas dari Tanjung Barat arah Ragunan, Jakarta Selatan di sekitar flyover Tanjung Barat pada hari kedua Lebaran terpantau padat.

Antusiasme pengunjung yang menggunakan kendaraan mobil dan motor tampak antre saat hendak memasuki Gerbang Utama Taman Margasatwa Ragunan. Demikian dilansir dari Antara.

Sejumlah aparat baik kepolisian maupun pengamanan dari Ragunan di lokasi mulai sibuk mengatur arus lalu lintas para pengunjung yang hendak ke Ragunan. Bahkan, tidak sedikit di antara mereka memilih memarkirkan kendaraannya di luar dan rela berjalan kaki masuk ke dalam ragunan.

Kanit Lantas Pasar Minggu AKP Supriyatno mengatakan, pada pukul 09.00 WIB akses pintu utama untuk masuk ke tempat wisata Taman Margasatwa Ragunan sempat dialihkan ke pintu masuk barat guna mengurai kepadatan akibat jumlah pengunjung yang membludak.

"Tadi untuk di pintu utama sudah sempat stuck tadi sekitar jam 9 lebih sedikit, tadi sempat kita arahkan ke pintu barat mengingat kita koordinasi untuk di pintu barat masih terkendali, pintu utama sudah berat, jadi kita alihkan ke pintu barat," kata Supriyatno saat ditemui di depan pos gerbang utama Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu.

Selain itu, Supriyatno mengatakan bahwa pihak kepolisian akan menerapkan pengaturan arus lalu lintas jika kepadatan antrean kendaraan mulai ramai dari lampu lalu lintas Jalan Harsono RM atau perempatan depan kantor Kementerian Pertanian.

"Kita rekayasa lalu lintas kalau untuk di pintu utama kalau ke dalamnya padat, sebagian kita arahkan ke pintu barat untuk alih arus. Nanti kalau padatnya sudah sampai ke lampu merah pertanian, nanti rekayasanya di lampu merah pertanian," ujar Supriyatno.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.