Sukses

3.000 Jemaah Ikuti Sholat Idul Fitri di Lapangan Balai Kota DKI Jakarta Hari Ini

Sekretaris Dewan KORPRI DKI Jakarta Amirudin mengatakan total ada sebanyak 3.000 jemaah yang mengikuti Sholat Hari Raya Raya Idul Fitri di Lapangan Balai Kota DKI Jakarta hari ini, Sabtu (22/4/2023).

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Dewan Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) DKI Jakarta Amirudin mengatakan total ada sebanyak 3.000 jemaah yang mengikuti Sholat Hari Raya Raya Idul Fitri di Lapangan Balai Kota DKI Jakarta hari ini, Sabtu (22/4/2023).

Menurut Amirudin, jumlah ini melebihi target yang diprediksi pihaknya yakni, 2.000 hingga 2.500 jemaah. Meskipun demikian, semua jemaah memperoleh tempat untuk melaksanakan sholat.

"Tercapai, lebih-lebih. Kita kan targetnya sekitar 2.000 sampai 2.500 ya. Tadi lebih sih, tercapai targetnya, ya 3.000-an lah," kata Amirudin, Jakarta.

Kendati melebihi target yang ditetapkan, Amir mengaku pihaknya tak mengalami kendala dalam penyelenggaraan Sholat Idul Fitri pada 1 Syawal 1444 H di Lapangan Balai Kota DKI Jakarta hari ini.

Adapun pada penyelenggaraan Sholat Id hari ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga menyediakan total dua unit truk pemadam kebakaran (damkar) untuk mengakomodasi warga yang hendak mengambil wudhu.

"Iya, sebanyak dua unit kita memang koordinasi dengan SKPD terkait fasilitas itu. Meskipun kita yakin sebagian besar jemaah sudah wudhu di rumah. Tapi kemungkinan juga ada yang batal jadi kita siapin sebagai bentuk layanan buat jemaah," kata Amiruddin.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan 2.000 jemaah bakal gelar Sholat Idul Fitri 1444 H di Halaman Balai Kota DKI Jakarta pada Sabtu (22/4/2023) pagi ini.

Pantauan Liputan6.com, hingga pukul 6.28 WIB Aparatur Sipil Negara (ASN) dan warga jemaah Sholat Id masih berbondong-bondong datang ke Balai Kota. Nampak para jemaah didominasi rombongan keluarga yang membawa serta anak-anak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antisipasi Sudah Disiapkan

Sekretaris Dewan Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) DKI Jakarta Amirudin mengatakan target 2.000 jemaah diprioritaskan bagi ASN di lingkungan Pemprov DKI Jakarta yang tak mudik dan menetap di Ibu Kota.

"Sekitar 2000-an, sebagian dari ASN dki Jakarta untuk tingkat provinsi juga meskipun ini digelar untuk fasilitas ASN, kita terbuka untuk umum melaksanakan Sholat disini," kata Amirudin.

Amirudin menyampaikan pihaknya akan melakukan langkah antisipasi, apabila jemaah membludak atau melebihi kuota yang telah disediakan.

"Kita nanti kalau jemaahnya membludak sudah kita siapkan ke belakang," kata dia.

Pada Sholat Id di Halaman Balai Kota DKI Jakarta hari ini bakal bertindak sebagai Imam Ustaz Deden M Ramdan dengan Khotib Sholat Id Oman Fathurahman yang juga merupakan Guru Besar Filologi Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini