Sukses

Pemprov DKI Jakarta Gelar Sholat Lebaran Idul Fitri di Balai Kota, Ini Rekayasa Lalu Lintasnya

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan melakukan pengaturan lalu lintas (lalin) untuk menyambut jemaah sholat Idul Fitri di Halaman Balai Kota DKI Jakarta pada 1 Syawal 1444 H.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan melakukan pengaturan lalu lintas (lalin) untuk menyambut jemaah sholat Idul Fitri di Halaman Balai Kota DKI Jakarta pada 1 Syawal 1444 H.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo berujar, pihaknya menyiapkan 76 personel dan lima mobil derek untuk mengatur lalin di sekitar Balai Kota saat lebaran.

Karena itu, dia menghimbau bagi masyarakat yang hendak menunaikan ibadah sholat Idul Fitri di Balai Kota DKI untuk bisa merayakan lebaran dengan Pemprov DKI Jakarta, maka tak memakirkan kendaraannya di sembarang tempat.

"Kami imbau jika parkir di lokasi penuh, maka ikuti petunjuk petugas di lapangan demi kelancaran arus lalin dan kenyamanan bersama. Dimohon juga untuk tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat untuk kelancaran perjalanan bersama," kata dia dalam keterangannya, Kamis (20/4/2023).

Adapun, rekayasa lalin yang akan dilakukan adalah:

  1. Jalan Merdeka Selatan Sisi Selatan akan digunakan sebagai saf sholat Idul Fitri, sehingga dilakukan penutupan dan pengalihan lalu lintas yang dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat sampai dengan traffic light Patung Kuda;
  2. Penutupan jalan akan dilakukan mulai pukul 05.00 sampai dengan pukul 08.30 WIB;
  3. Sebagai upaya menghindari parkir on street di Jalan Medan Merdeka Selatan sisi Utara, maka dilakukan kanalisasi dengan menggunakan traffic cone; dan
  4. Lalu lintas dari arah Timur (Tugu Tani) menuju ke Barat (Tanah Abang) yang semula menggunakan Jalan Merdeka Selatan sisi Selatan dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Medan Merdeka Barat atau dapat melalui Jalan Abdul Muis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Enam Kantor Parkir Bagi yang Ingin Sholat Idul Fitri di Balai Kota DKI Jakarta

Kemudian, Dishub juga menyediakan enam kantong parkir yang dapat digunakan di dalam area Balai Kota dan sekitarnya.

Enam kantong parkir itu berada diantaranya:

  1. Gedung Balai Kota DKI Jakarta untuk parkir VVIP
  2. Gedung DPRD DKI Jakarta untuk parkir VIP
  3. IRTI Monas
  4. Stasiun Gambir
  5. Silang Monas Barat Daya (Patung Kuda)
  6. Silang Monas Tenggara (Gambir).

"Diharapkan masyarakat menyesuaikan waktu perjalanan agar bisa sampai di lokasi dan mengikuti salat Idulfitri tepat pada waktunya sehingga kegiatan sholat Ied di Balai Kota ini dapat berlangsung secara tertib dan nyaman," terang Syafrin.

 

Reporter: Lydia Fransisca/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini