Sukses

Usai Baku Tembak dengan KKB, Panglima TNI Tingkatkan Operasi Penyelamatan Pilot Susi Air di Nduga

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono akan meningkatkan operasi penyelamatan dalam pencarian terhadap Pilot Susi Air, Capt. Philips M. Hal ini dikatakan Kapuspen TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono akan meningkatkan operasi penyelamatan dalam pencarian terhadap Pilot Susi Air, Capt. Philips M. Hal ini dikatakan Kapuspen TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono.

"Jadi ini adalah bagian dari operasi penyelamatan pilot Susi Air, operasi selanjutnya akan ditingkatkan oleh Panglima TNI," kata Julius kepada wartawan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (16/4/2023).

Selain itu, Yudo juga memerintahkan anggotanya untuk melakukan operasi militer. Namun, tetap mengedepankan sifat humanis untuk mengurangi jatuhnya korban.

"Perintahnya jelas, Panglima TNI lakukan operasi militer, yang sifatnya menegakkan sifat humanis kemudian lebih tepatnya adalah smart operation, dimana ingin mengurangi jatuhnya korban," ujarnya.

"Untuk strategi operasinya sendiri tidak bisa saya sampaikan, karena itu sifatnya sangat rahasia. Untuk jumlah korban nanti akan kami data ulang, dan kami sampaikan," sambungnya.

Sebelumnya, Prajurit TNI yang sedang melaksanakan tugas di wilayah Kabupaten Nduga, diserang oleh gerombolan Kelompok Separatis Teroris (KST).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyerangan KKB di Mugi-Mam Nduga

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman membenarkan Prajurit TNI dari Satgas Yonif R 321/GT yang bertugas di wilayah Mugi-Mam Kabupaten Nduga diserang dan ditembak oleh gerombolan KST, Sabtu (15/4) Pukul 16.30 WIT.

"Akibat serangan dan tembakan gerombolan KST tersebut, masih belum diketahui secara pasti berapa korban Prajurit TNI yang meninggal dan luka-luka. Sampai saat ini masih dilaksanakan pemantauan, namun karena cuaca hujan dan berkabut sehingga belum bisa berkomunikasi dengan aparat keamanan yang berada di lokasi tersebut. Demikian pula upaya-upaya memberikan bantuan dan evakuasi tetap dilaksanakan," ungkap Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, Minggu (16/4/2023).

Dia meminta doanya semoga Prajurit TNI yang melaksanakan tugas negara dan juga melakukan pencarian pilot Susi Air diberikan keselamatan, perlindungan dan kekuatan, sehingga dapat kembali bertugas.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.