Sukses

Pidato Anas Urbaningrum Bakal Singgung SBY, Demokrat: Apa yang Dibicarakan Menentukan Levelnya

Partai Demokrat yakin Anas Urbaningrum tidak akan berpidato yang menyinggung Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat keluar dari Lapas Sukamiskin.

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrat yakin Anas Urbaningrum tidak akan berpidato yang menyinggung Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat keluar dari Lapas Sukamiskin. 

Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani meyakini Anas Urbaningrum akan mempresentasikan hasil refleksi dan kontemplasinya saat berada di lapas.

"Kami tak tahu apa yang menjadi materi orasi beliau. Namun dugaan saya di bulan suci Ramadhan ini akan mempresentasikan hasil refleksi dan kontemplasi beliau berupa ide dan gagasan untuk memberi bobot dan menjaga kesucian bulan Ramadhan," ujar Kamhar di Jakarta, Selasa, (11/4/2023).

"Kita akan menyaksikan apa yang dibicarakan akan menentukan levelnya," imbuhnya.

Ia mengatakan, pernyataan Kornas Sahabat Anas Muhammad Rahmad yang menyebut Anas Urbaningrum akan menyinggung SBY dalam pidatonya hanyalah upaya pansos politik.

"Kami memaklumi jika Muhammad Rahmad Koordinator Nasional Sahabat Anas yang juga terafiliasi dengan KLB abal-abal Moeldoko membuat pernyataan bombastis yang mengait-ngaitkan Pak SBY. Pernyataan ini bentuk pansos politik Rahmad. Level Rahmad dengan Mas Anas pasti berbeda," ujarnya.

Kamhar pun mengucapkan selamat kepada Anas yang akhirnya bebas. Ia tidak masalah dengan pidato politik yang akan dilakukan mantan ketua umum Demokrat ini.

"Tentu kami mengucapkan selamat kepada Mas Anas yang akan menghirup udara bebas dan kembali ke masyarakat menjalani kehidupan normal. Terkait rencana pidato khusus di depan para loyalisnya, silahkan saja. Sah-sah saja untuk dilakukan sepanjang memenuhi ketentuan dan tak menggangu aktivitas publik. Beliau memang orator ulung," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anas Urbaningrum Bakal Pidato Usai Bebas, Punya Agenda Khusus dengan SBY

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum akan keluar dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 11 April 2023 besok. Nantinya, Anas akan melakukan pidato di hadapan para pendukungnya.

"Mas AU keluar dari lapas Sukamiskin jam 14.00 WIB, dilanjutkan acara pelepasan oleh Ka Lapas dan Pidato Mas Anas yang secara khusus akan disampaikan di hadapan sahabat sahabat. Selanjutnya semua bergabung di RM Ponyo, Cinunuk untuk acara Buka Puasa dan silaturrahim," ujar Kornas Sahabat Anas Urbaningrum, Muhammad Rahmad dalam keterangannya, Senin (10/4/2023).

Rahmad mengungkap apa yang akan disampaikan oleh Anas dalam pidato besok. Ia mengatakan, pidato nanti akan ada kejutan.

"Dapat kami sampaikan bahwa Mas Anas akan memberikan kejutan pada pidatonya besok," katanya.

Dia pun memberikan kisi-kisi isi pidatonya. Anas akan bicara soal Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, bukan putranya, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Mas Anas tidak punya urusan dengan AHY, tapi memiliki agenda khusus dengan SBY," ujar Rahmad.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.