Sukses

Koalisi Perubahan Resmi Usung Anies Baswedan Jadi Capres, Ini Isi Piagam Deklarasi 3 Partai

Tim Kecil poros Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, PKS, dan Demokrat kembali bertemu. Mereka secara formal menyatakan dukungan bersama untuk bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan untuk Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Tim Kecil poros Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, PKS, dan Demokrat kembali bertemu. Mereka secara formal menyatakan dukungan bersama untuk bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan untuk Pemilu 2024.

Pada pertemuan ini hadir perwakilan Anies Baswedan dari Koalisi Perubahan Sudirman Said, Ketua DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto, Ketua DPP NasDem Willy Aditya, Sekjen Demokrat Teuku Rifqy Harsa, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman, dan Ketua DPP PKS Muzzamil Yusuf.

"Bahwa ketiga partai sudah secara formal memberikan dukungan bersama-sama," kata Sudirman di Sekretariat Perubahan Jalan Brawijaya X Nomor 46, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Pada pertemuan ini juga dijelaskan isi dari Piagam Koalisi Perubahan yang telah ditandatangani Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan dilengkapi tanda tangan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman membacakan isi piagam deklarasi tiga partai itu. Setidaknya ada enam poin yang disepakati bersama, antara lain:

  1. Pertama, membentuk koalisi dengan nama Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP)
  2. Kedua, mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024-2029
  3. Ketiga, memberi mandat kepada calon presiden untuk memilih calon pasangannya
  4. Keempat, memberikan keleluasaan kepada calon presiden untuk berkomunikasi dengan partai politik lainnya dalam rangka memperluas basis dukungan
  5. Kelima, membentuk sekretariat yang merupakan kelanjutan dari tim persiapan atau tim kecil
  6. Keenam, pada waktunya mengumumkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Resmi Bentuk Koalisi Perubahan, Cawapres Diserahkan ke Anies Baswedan

NasDem, Demokrat dan PKS telah resmi berkoalisi dalam Koalisi Perubahan. Ketiga partai telah sepakat menandatangani piagam koalisi. Salah satu kesepakatannya adalah mengenai calon wakil presiden untuk Anies Baswedan.

"Sudah resmi. Koalisi 3 partai," ujar Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief kepada wartawan, Jumat (24/3/2023).

"Akan ditunjukan pada publik tentang kesepahaman dalam piagam koalisi, poin-poinnya, ya telah terjadi kesepakatan bagaimana membangun pemerintahan yang baik," tegasnya.

NasDem, Demokrat, dan PKS telah satu suara terkait calon wakil presiden yang akan diusung di Pemilu 2024. Tidak ada lagi anggota koalisi saling memperebutkan kursi calon wakil presiden. Karena sepenuhnya calon wakil presiden ditentukan Anies Baswedan.

"Jadi sekarang semua koalisi sudah tidak akan mempertanyakan lagi tentang siapa cawapres karena cawapres sudah di tangan Anies," ujar Andi.

Sementara itu nama calon wakil presiden masih ditutup rapat. Andi mengatakan, akan ada waktunya dideklarasikan calon wakil presiden yang mendampingi Anies Baswedan.

"Kita tunggu saja kapan dia mendeklarasikan cawapresnya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.