Sukses

Soal Calon Menpora, Airlangga: Muda, Ada Laki-Laki dan Perempuan

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sudah menyerahkan nama calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pengganti Zainudin Amali kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sudah menyerahkan nama calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pengganti Zainudin Amali kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dia menyebut calon Menpora tersebut merupakan perempuan dan sosok yang masih muda.

"Yang muda, perempuan. Nama sudah diserahkkan (ke Presiden)," ucap Airlangga kepada wartawan di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (24/3/2023).

"Ada laki, ada perempuan," sambungnya.

Airlangga sendiri menyerahkan lebih dari satu nama Menpora kepada Presiden Jokowi. Nantinya, Jokowi sendiri yang akan memutuskan siapa sosok pengganti Menpora pengganti Zainudin Amali.

"Terserah Bapak Presiden. Sudah ada di kantongnya beliau," kata Airlangga

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku sudah menerima nama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pengganti Zainudin Amali dari Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Namun, Jokowi belum memutuskan siapa sosok yang akan ditunjuk menjadi Menpora.

"Menpora belum diputuskan, tapi nama nama dari Pak Ketua Golkar sudah ke kita. Tapi belum diputuskan, belum saya putuskan," jelas Jokowi kepada wartawan di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta, Senin (20/3/2023).

Dia mengaku ada sejumlah nama yang diserahkan Airlangga sebagai calon Menpora. Namun, Jokowi ingin agar Menpora pengganti Amali sosok yang masih muda.

"Nama yang masuk enggak hapal. Nanti Pak Ketua Golkar saja. (Kriterianya) Muda," ujar Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Nama Calon Menpora

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto telah memberikan tiga nama calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang akan menggantikan Zainudin Amali ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus kepada wartawan di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/3/2023). Selanjutnya, kata Lodewijk, nama-nama yang disodorkan itu akan dipilih oleh Presiden Jokowi.

"Calon Menpora sudah, Ketua Umum kita sudah berikan ke Presiden. Kita tinggal tunggu Presiden pilih yang mana dari tiga calon yang diusulkan," kata Lodewijk.

Meski begitu, Lodewijk mengaku tidak tahu pasti siapa saja tiga nama yang disodorkan Airlangga ke Presiden Jokowi. Namun, dia menyebut, tiga nama tersebut tak jauh berbeda dari yang beredar di publik.

Diketahui, tiga nama yang beredar di publik yakni, Ilham Permana, Dito Ariotedjo, dan Puteri Anetta Komaruddin. Dari tiga nama itu, Golkar kini menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden, sebab Presiden pasti memiliki kriteria sendiri untuk menempatkan orang di posisi Menpora.

"Tidak jauh dari nama-nama yang beredar, karena katakan masing-masing inginkan banyak tuh, ketua umum menyeleksi tiga yang disampaikan ke Presiden sesuai menyampaikan berdasarkan seleranya dia kan, padahal Presiden juga punya kriteria," kata Lodewijk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.