Sukses

Jokowi: Selamat Hari Raya Nyepi, Semoga Kedamaian Memayungi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi 2023, tahun baru Saka 1945 kepada umat Hindu Indonesia. Lewat unggahan foto di instagram pribadinya, Jokowi berharap nyepi bisa membawa kedamaian yang selalu memayungi umat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi 2023, tahun baru Saka 1945 kepada umat Hindu Indonesia. Lewat unggahan foto di instagram pribadinya, Jokowi berharap nyepi bisa membawa kedamaian yang selalu memayungi umat.

"Selamat Hari Raya Nyepi 2023," tulis Jokowi dikutip dari akun Instagramnya, Rabu (22/3/2023).

Jokowi mengajak berserah diri dan menghayati hening dan sepi. Ia mengunggah gambar pura dan umat hindu yang berada di pantai.

"Dalam hening dan sepi, kita berserah diri. Semoga kebahagiaan dan kedamaian senantiasa memayungi," tutur Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Politik Identitas

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Hindu menghindari politik identitas di Hari Suci Nyepi 2023 ini. Terlebih menjadikan agama sebagai alat untuk mencapai tujuan politis.

Hal ini disampaikan Menag Yaqut dalam ritual Tawur Agung Kesanga dalam rangka menyambut Tahun Baru Saka 1945 di pelataran Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (21/3/2023).

"Saya mengajak umat Hindu tidak menggunakan agama sebagai alat atau kepentingan pihak-pihak tertentu, dan tidak menjadikan agama sebagai politik identitas," kata Yaqut dalam keterangan tertulis, Selasa (21/3/2023).

Adapun perayaan Hari Nyepi Nasional 2023 ini mengusung tema 'Melalui Dharma Agama Dan Dharma Negara Kita Sukseskan Pesta Demokrasi Indonesia'.

Yaqut menyimpulkan bahwa tema ini mempunyai arti ajakan kepada umat Hindu untuk menjalankan kewajibannya sebagai umat beragama dan warga negara, termasuk ikut menyukseskan pesta demokrasi 2024.

"Hari suci ini mengisyaratkan untuk mulat sarira dan pengendalian diri. Ini menandakan bahwa kita diingatkan oleh penguasa semesta untuk selalu menjaga perilaku agar tetap terkendali sesuai ajaran agama masing-masing," ucap Menag Yaqut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Nyepi