Sukses

Rektor: Institut Teknologi PLN Buka Peluang untuk 1.400 Talenta Terbaik

Rektor Institut Teknologi PLN, Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa mengaku siap, menyambut 1.400 talenta terbaik dari seluruh Indonesia. Menurut dia, kesempatan itu terbuka bagi siapa saja untuk tahun ajaran baru 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Rektor Institut Teknologi PLN, Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa mengaku siap, menyambut 1.400 talenta terbaik dari seluruh Indonesia. Menurut dia, kesempatan itu terbuka bagi siapa saja untuk tahun ajaran baru 2023.

“Institut Teknologi PLN (ITPLN) bersiap menyambut kedatangan para talenta terbaik dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan seluruh dunia. Pada tahun 2023 ini ITPLN menargetkan menerima 1.400 mahasiswa baru dari talenta-talenta terbaik bangsa,” kata Prof Iwa dalam keterangan diterima, Rabu (15/3/2023).

Prof Iwa menjelaskan, para peserta didik akan mengenyam ilmu bagaimana cara menjadi ahli di bidang energi yang berwawasan global di empat fakultas dan 13 program studi, baik S2, S1 dan D3. Dia meyakini, bahwa masa depan dunia adalah energi listrik oleh karenanya para ahli di bidang tersebut akan memegang peranan penting di eranya.

"Future energy is electricity, Ke depan adalah eranya listrik. Contoh yang mudah kendaraan listrik dan kompor listrik. Namun pembangunan dan pelayanan kelistrikan melibatkan semua disiplin ilmu" kata dia saat acara Town Hall Meeting di kampus ITPLN, Duri Kosambi, Jakarta Barat.

Lebih lanjut, Prof Iwa mengatakan bahwa pada tahun ini 100 calon mahasiswa baru akan diambil diterima di ITPLN dengan ikatan kerja begitu mereka selesai kuliah. Artinya, secara otomatis bisa langsung diterima bekerja di PLN.

“Sedangkan 50 lulusan terbaik tahun ini akan diterima berkarir di PLN melalui jalur direct shopping,” tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bidang Kelistrikan

Sebagai informasi, ITPLN adalah perguruan tinggi dengan karakternya di bidang kelistrikan. Contohnya, dari nama fakultasnya yang tidak dijumpai di perguruan tinggi lain seperti Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan, Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi,Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, dan Fakultas Telematika Energi.

“Nama-nama fakultas tersebut dirancang untuk menghadapi era transisi energi menuju net zero emission,” dia menutup.

Diketahui, ITPLN menjamin mahasiswanya untuk magang di seluruh instalasi PLN dan sub holding serta anak perusahaan di seluruh Indonesia.

Selain itu, lulusannya langsung dibekali tiga sertifikat yaitu sertifikat kompetensi sesuai bidang, sertifikat Bahasa Inggris dan seretifikat Microsoft Office Specialist

Tidak hanya itu, ITPLN memiliki kerja sama dengan Universiti of Tenaga Nasional Malaysia, Kookmin University Korea Selatan dan Slovak University of Technology Slovakia dan Singapore Polytechnic Sehingga mahasiswa memiliki kesempatan luas untuk melakukan studi banding ke dunia internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.