Sukses

Airlangga Hartarto Sodorkan 3 Nama Calon Menpora Pengganti Zainudin Amali ke Presiden Jokowi

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto telah memberikan tiga nama calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang akan menggantikan Zainudin Amali ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto telah memberikan tiga nama calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang akan menggantikan Zainudin Amali ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus kepada wartawan di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/3/2023). Selanjutnya, kata Lodewijk, nama-nama yang disodorkan itu akan dipilih oleh Presiden Jokowi.

"Calon Menpora sudah, Ketua Umum kita sudah berikan ke Presiden. Kita tinggal tunggu Presiden pilih yang mana dari tiga calon yang diusulkan," kata Lodewijk.

Meski begitu, Lodewijk mengaku tidak tahu pasti siapa saja tiga nama yang disodorkan Airlangga ke Presiden Jokowi. Namun, dia menyebut, tiga nama tersebut tak jauh berbeda dari yang beredar di publik.

Diketahui, tiga nama yang beredar di publik yakni, Ilham Permana, Dito Ariotedjo, dan Puteri Anetta Komaruddin. Dari tiga nama itu, Golkar kini menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden, sebab Presiden pasti memiliki kriteria sendiri untuk menempatkan orang di posisi Menpora.

"Tidak jauh dari nama-nama yang beredar, karena katakan masing-masing inginkan banyak tuh, ketua umum menyeleksi tiga yang disampaikan ke Presiden sesuai menyampaikan berdasarkan seleranya dia kan, padahal Presiden juga punya kriteria," kata Lodewijk.

Lebih lanjut, Lodewijk mengungkap sedikit kriteria terhadap calon Menpora yang baru. Pastinya, Menpora baru harus memiliki kemampuan mengurus bidang pemuda dan olahraga.

Artinya, sosok Menpora baru harus memiliki akses ke dua bidang tersebut. Terlebih Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Nah, itu dari pemuda dan olahraga gitu loh, ngurusi pemuda siapa yang punya ke situ, apa kriteria itu. Pak Jokowi yang tahu kita enggak tahu," ujar Lodewijk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zainudin Amali Mundur dari Menpora dan Kini Jabat Wakil Ketua Umum PSSI

Zainudin Amali telah resmi mundur sebagai Menpora menyusul jabatan barunya kini sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Presiden Jokowi telah menerima dan merestui pengunduran diri Amali.

Amali menyatakan dirinya sudah resmi mundur dari jabatan sebagai Menpora per Senin, 13 Maret 2023.

Kepastian tersebut disampaikan sendiri olehnya saat mendampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam inspeksi venue Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (13/3/2023) sore WIB.

Amali mengaku sudah mengirimkan permohonan tertulis kepada Presiden Joko Widodo sejak Kamis (9/3/2023) lalu. Ia lantas diterima secara resmi oleh Jokowi pada Senin, 13 Maret, sekaligus mendapat restu mundur dari jabatannya.

"Sebagaimana saya sudah janjikan bahwa pada hari Senin (13/3/2023), saya akan bertemu dengan Bapak Presiden, ketika hari Kamis yang lalu saya menyampaikan surat pengunduran diri," tutur Zainudin Amali saat memberi keterangan kepada awak media di SUGBK.

"Tadi pagi, sekitar pukul 10.30 waktu Bali (WITA), saya sudah diterima oleh Bapak Presiden dan Bapak Presiden sudah mengizinkan saya untuk mundur sebagai Menpora."

"Jadi per hari ini, saya sudah berhenti sebagai Menpora. Hari ini (saya bukan Menpora lagi), tetapi Wakil Ketua Umum PSSI," Amali menegaskan.

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.