Sukses

Top 3 News: Anies Baswedan Tunjuk Hendri Satrio sebagai Juru Bicara

Hendri Satrio menceritakan, Anies Baswedan menunjuknya sebagai juru bicara ketika ramai isu utang piutang.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden (capres) 2024 yang diusung Partai Nasional Demokrat (NasDem) Anies Baswedan menunjuk pengamat politik, Hendri Satrio sebagai juru bicaranya, terhitung mulai Februari 2023.

Penunjukkan tersebut dilakukan Anies ketika dirinya ramai diisukan terkait utang piutang. Hal itu seiring hadirnya Hendri kehadapan publik lewat setiap konfrensi pers yang digelar untuk menjelaskan isu utang Anies Baswedan.

Berita top 3 news kedua yang tak kalah menyita perhatian publik terkait sejumlah wilayah di Tanah Air yang bakal dilanda kekeringan. Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, musim kemarau ditahun ini akan lebih ekstrem dibanding tiga tahun terakhir.

Berikut sejumlah wilayah yang diprediksi BMKG pada tahun ini akan mengalami kekeringan yang lebih ekstrem. Di antaranya Aceh bagian utara, sebagian sumut, Riau bagian utara, Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa, Bali, sebagian Nusa Tenggara, Kalimantan bagian selatan, dan Papua bagian selatan.

Sementara itu, kasus penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo terhadap David Ozora hingga kini terus menjadi sorotan publik. Seperti diketahui, saat ini putra dari Jonathan Latumahina tersebut masih dalam perawatan intensif.

Sang ayah bahkan kerap membagikan perkembangan kondisi kesehatan David yang menjadi korban penganiayaan Mario Dandy. Pemuda berusua 17 tahun itu kini telah melewati masa koma dan mulai siuman.

Hal itu dibagikan lewat akun Twitter @seeksixsuck kepada publik. Dalam video yang dibagikan,  Jonathan juga memperlihatkan wajah yang sang putra yang menangis dalam balutan alat medis.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa, 7 Maret 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Hendri Satrio Resmi Jadi Juru Bicara Anies Baswedan

Bakal calon presiden Anies Baswedan menunjuk Pendiri Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (kedaiKopi) Hendri Satrio sebagai juru bicara.

"Iya, (jadi juru bicara) ABW (Anies Baswedan)," kata dia melalui pesan singkat, Selasa (7/3/2023).

Hendri menceritakan, Anies menunjuknya sebagai juru bicara ketika ramai isu utang piutang. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta dirinya sebagai pihak yang menjelaskan ke publik.

"Jadi waktu itu mas Anies yang minta menjelaskan isu utang piutang," jelas dia.

Adapun isu itu mencuat ketika Februari 2023 lalu. Hendri memang tampil ke publik menggelar konferensi pers menjelaskan isu utang Anies Baswedan.

Sejak itu, Hendri menjadi salah satu juru bicara resmi Anies.

"Jadi itu awal-awal dia minta jadi jubir," kata dia.

Sebelumnya, Hendri Satrio mengungkapkan apresiasi terhadap pertemuan Anies dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Kamis 2 Maret 2023. Menurutnya ini menunjukkan sikap AHY yang setia pada garis perubahan.

 

Selengkapnya... 

3 dari 4 halaman

2. BMKG Prediksi Musim Kemarau 2023 Lebih Ekstrem, Wilayah Ini Berpotensi Dilanda Kekeringan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan musim kemarau 2023 lebih kering apabila dibandingkan dengan tiga tahun terakhir. Terlebih, ada potensi El Nino atau fenomena pemanasan suhu muka laut hingga 60 persen.

"Apalagi ada potensi El Nino 50-60 persen, seandainya tidak ada El Nino pun ada wilayah yang musim kemaraunya lebih kering dari normalnya. Apalagi plus ada potensi El Nino," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi daring, Senin (6/3/2023).

Dwikorita menyampaikan bahwa pada 2023 ini puncak musim kemarau di Indonesia tidak terjadi secara bersamaan. Awal musim kemarau di sebagian wilayah Indonesia diprediksi terjadi pada April dan menyebar di seluruh wilayah pada Mei-Agustus 2023.

Beberapa wilayah yang awal kemaraunya diprediksi maju meliputi sebagian wilayah Sumatera Utara, sebagian wilayah Jawa, sebagian kecil Bali, sebagian Nusa Tenggara, sebagian Kalimantan dan sebagian Sulawesi. 

Adapun wilayah yang diprediksi mengalami sifat musim kemarau di bawah normal atau jadi lebih kering yaitu di Aceh bagian utara, sebagian sumut, Riau bagian utara, Sumatera bagian selatan.

Lalu, sebagian besar Jawa, Bali, sebagian Nusa Tenggara, Kalimantan bagian selatan, sebagian Sulawesi, Maluku Utara, Papua Barat bagian selatan, dan Papua bagian selatan.

"Ini perlu diantisipasi wilayah tersebut yang diprediksi lebih kering dari normalnya dikhawatirkan akan mengalami resiko bencana kekeringan metereologis, kebakaran hutan dan lahan, dan kekurangan air bersih," kata dia.

 

Selengkapnya... 

4 dari 4 halaman

3. David Menangis Bangun dari Koma, Ayahanda: Istighfar Jangan Marah

David Ozora, korban penganiayaan Mario Dandy Satriyo yang merupakan anak pegawai pajak mulai siuman dari koma. Hal itu dibagikan lewat akun Twitter @seeksixsuck kepada publik.

Dalam narasi unggahan, sang ayah yakni Jonathan Latumahina mengungkapkan kondisi terkini David. Dia turut memberikan nasihat dan dukungan terhadap anaknya.

"Saat ini David sedang memasuki fase pemulihan emosional. Kesadarannya lambat laun meningkat, lebih sering membuka mata tapi belum aware dengan siapa dia kontak," tulis Jonathan dikutip Liputan6.com, Selasa (7/3/2023).

Jonathan tampak memperlihatkan wajah David lewat video yang dibagikan. Raut wajah remaja itu terlihat menangis dalam balutan alat medis yang menempel dan menjaga kondisinya tetap stabil.

"Kamu harus sabar ya, harus sabar pokoknya. Istighfar, istighfar. Ledakan kemarahanmu terus nanti tenagamu dipakai untuk penyembuhanmu. Aku tahu kamu lagi marah tapi sudah cukup. Istighfar, istighfar, istighfar, istighfar. Ayo sayang, istighfar. Jangan marah-marah, sudah istighfar," kata Jonathan.

"Bronkoskopi kedua (yang pertama minggu lalu). Dahak sudah jauh lebih sedikit, paru-paru bersih, tidak ditemukan bakteri. Kondisi sudah semakin baik, hari ini aktif dan ada penurunan emosi, meski sudah sering melek namun kesadaran belum penuh dan belum ada fokus. Semoga ke depan selalu membaik," ujar kuasa hukum keluarga David, Mellisa Anggraini dari LBH Anshor. 

 

Selengkapnya... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.