Sukses

Diterjang Longsor, Jalur Alternatif Bogor-Sukabumi Putus Total

Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat longsor, sebab pada saat kejadian lalu lintas kendaraan di lokasi tersebut dalam kondisi sepi.

Liputan6.com, Bogor - Akses jalur alternatif yang menghubungkan wilayah Bogor dan Sukabumi terputus akibat longsor pada Senin (27/2/2023) pagi.

Material longsor menimbun badan jalan tepatnya di Kampung Cilembar, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Camat Cigombong, RE Irwan Soemantri mengatakan, longsor yang menutup badan jalan alternatif Bogor-Sukabumi ini terjadi sekitar pukul 03.00 WIB, saat wilayah tersebut diguyur hujan deras.

"Jalan lumpuh total akibat tertutup material longsoran pohon, tanah dan batu," kata Irwan.

Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat bencana alam tersebut, sebab pada saat kejadian lalu lintas kendaraan sedang dalam kondisi sepi.

"Tidak ada karena kejadiannya sekitar jam 3 pagi, ditambah hujan deras" kata Irwan.

Tak hanya menimbun badan jalan, longsoran juga menyeret tiang listrik. Beberapa rumah di sekitar lokasi juga turut terdampak longsor.

"Jaringan listrik kami sudah minta PLN untuk dimatikan dulu karena sedang proses evakuasi material longsor," ucapnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Material Longsor Masih Dibersihkan

Hingga Senin siang, tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran (Damkar), TNI-Polri, Satpol PP, bersama masyarakat setempat masih melakukan pembersihan material longsoran.

"Sebetulnya kita butuh alat berat untuk menyingkirkan material karena banyak pohon dan tanah yang menutupi badan jalan," ujarnya.

Sementara itu, kendaraan yang hendak menuju Desa Pasir Jaya kemudian lanjut ke Sukabumi maupun arah sebaliknya sementara ini dialihkan ke Jalan Bohlam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.