Sukses

Hari Ketiga di Kalimantan Timur, Jokowi Nikmati Suasana Pagi di IKN

Pada kunjungan hari ketiganya, Jokowi bersama rombongan direncanakan akan melanjutkan kegiatan peninjauan progres pembangunan proyek infrastruktur IKN.

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca sejuk pagi hari Ibu Kota Nusantara (IKN) mengawali hari ketiga kunjungan kerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo di Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat (24/2/2023).

Sekitar pukul 06.30 WITA, Jokowi tampak menikmati suasana alam setelah hujan di lokasi tempatnya bermalam.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang, terlihat berjalan santai sambil mengobrol dengan beberapa menteri yang juga bermalam di lokasi yang sama dengannya.

Pada kunjungan hari ketiganya, Jokowi bersama rombongan direncanakan akan melanjutkan kegiatan peninjauan progres pembangunan proyek infrastruktur IKN.

Setelahnya, Jokowi akan kembali ke Jakarta melalui Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan.

Turut mendampingi Jokowi dalam kegiatan kunjungan kerja ini adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Ragajoe, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahju Hidajat Soedjatmiko, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi-Iriana Bermalam di IKN, Santap Nasi Goreng hingga Mie Godok Buatan Chef Istana

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bermalam di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (23/2/2023). Jokowi didampingi sejumlah menteri dan Kepala Badan Otorita IKN, Bambang Susantono.

"Presiden dan Ibu Iriana bersama para menteri dan kepala otorita IKN bermalam di KIPP IKN," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Kamis (23/2/2023).

Menurut dia, Jokowi, Iriana, dan para menteri santap malam dengan makanan yang dimasak langsung oleh chef atau juru masak Istana. Makanan yang dihidangkan mulai dari nasi goreng, mie goreng, hingga mie godok.

"Presiden dan Ibu Iriana bersama para menteri santap malam nasi goreng, mi goreng dan mi godok yang langsung dimasak langsung juru masak Istana chef Claudio Iglesias," kata Bey.

 

3 dari 3 halaman

Tinjau Istana Presiden di IKN, Jokowi: Saya Optimis Upacara HUT RI Tahun Depan di Sini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau progres pembangunan calon Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023). Dia pun optimis upacara HUT Kemerdekaan RI tahun 2024 bisa digelar di IKN.

"Kawasan ini adalah kawasan Istana, Istana Kepresidenan, yang saya optimis tahun depan bulan Agustus insya allah bisa upacara di sini," ujar Jokowi kepada wartawan usai peninjauan, Kamis (23/2/2023).

"Kalau melihat lanskap dan lain-lainnya, tadi saya sudah bicara dengan perancangnya, pelaksana di lapangan, supervisi di lapangan, manajer di lapangan, optimis, Insya Allah selesai," sambungnya.

Jokowi menyebut tidak ada perubahan dalam desai pembangunan IKN. Hanya saja, kemungkin ada sedikit penyesuaian desain Istana Presiden IKN saat proses pengerjaan.

"Ya (desain) sama, tapi juga nanti di lapangan dikit-dikit penyesuaian," katanya.

Jokowi menuturkan Istana Presiden di IKN dibangun oleh putra-putri terbaik Indonesia sehingga sangat istimewa. Nantinya, Istana Presiden akan dapat langsung ditempati apabila sudah rampung dibangun.

"Yaa ditempati, selesai kok enggak ditempati. Setiap kementerian juga, meskipun tidak semua staf itu dibawa supaya ini ada keramaian di sini. Kalau ada keramaian berarti perlu restoran, sekolah, dari TK, SD, SMP, SMA Universitas, perlu RS, klinik, perlu entertainment, mal, dan lain-lain," jelas Jokowi.

Dia meyakini IKN memiliki daya tarik bagi para investor untuk menanamkan modalnya. Pasalnya, IKN memiliki menawarkan suasana yang berbeda dibandingkan kota-kota lain.

"Suasananya berbeda, kita ini menawarkan suasana. Ini kawasan inti adalah kawasan pemerintahan, tapi di luar itu, ada differensiasinya, yang berbeda. Itu yang kita jual, experience, ambience," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.