Sukses

Zainudin Amali Mundur sebagai Menpora, Wapres: Airlangga Sedang Siapkan Pengganti

Wakil Presiden Ma'ruf Amin buka suara soal mundurnya Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin buka suara soal mundurnya Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Menurutnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sudah menyiapkan pengganti Amali.

"Pak Airlangga di partai katanya sedang menyiapkan penggantinya, jadi enggak ada masalah," kata Maruf di UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan, Rabu (22/2/2023).

Ma'ruf mengungkakan, Presiden Jokowi sudah menerima permintaan pengunduran diri Amali sebagai Menpora.

"Ya presiden sudah bilang bahwa sudah terima (pengunduran diri Amali)," ucapnya.

Sementara, Partai Golkar menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo soal pengunduran diri Zainudin Amali sebagai Menpora. Golkar tidak akan ikut campur hak prerogatif presiden.

"Jadi biar presiden lah yang menentukan apakah Pak Amali itu diterima pengunduran dirinya, lalu digantinya kapan dan siapa itu biar presiden yang memutuskan," ujar Ketua DPP Golkar Dave Laksono di DPR, Jakarta, Rabu (22/2/2023).

Menurut Dave, yang berwenang bicara masalah pengunduran Amali adalah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Airlangga akan menyampaikan sikap resmi dari partai beringin. Sehingga Dave enggan berbicara siapa calon pengganti Amali di kabinet.

"Biar nanti Pak Airlangga yang menyampaikan apa sikap dan keputusan presiden mengenai posisi Zainudin," kata Dave.

Anggota Komisi I DPR RI ini belum bisa memastikan apakah Airlangga sudah bicara empat mata dengan Jokowi terkait pengunduran diri Amali. Kata Dave, Airlangga memang sering bertemu Jokowi.

"Kalau Pak Airlangga selaku Menko Perekonomian pastinya kan sering berkomunikasi dengan presiden," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hormati Sikap Politik Zainudin Amali

Golkar juga tak bisa menahan Amali agar tidak mundur sebagai Menpora. Menurut Dave, Golkar menghormati sikap politik Ketua Bappilunya itu.

"Ya enggak mungkin enggak merestui, itu kan sudah sikap politik beliau dan keputusan beliau," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membenarkan Zainudin Amali mengundurkan diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Namun, pengunduran diri tersebut baru disampaikan secara informal.

"Secara resmi belum, tertulis belum, informal sudah," kata Jokowi usai meninjau Kali Ciliwung, Jakarta, Selasa (21/2).

Jokowi mengaku belum menyiapkan sosok pengganti Amali. Sebab, pengunduran diri Amali sebagai Menpora belum disampaikan secara formal.

"Gantinya kalau sudah ada resminya baru saya bicara," ujar Jokowi.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.