Sukses

Gibran Siap Maju Pilgub, Sekjen PDIP: Harus Buat Legacy Sebelum Ditugaskan

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan seluruh kader PDIP memang harus mempersiapakn diri akan penugasan dan harus memiliki prestasi bila ingin maju Pilkada.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka telah menyatakan siap maju Pilgub dan menunggu arahan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Menanggapi hal tersebut, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan seluruh kader PDIP memang harus mempersiapakn diri akan penugasan dan harus memiliki prestasi bila ingin maju Pilkada.

"Bagi PDIP seluruh kader itu harus mempersiapkan diri menggembleng, harus membuat legacy ketika ditugaskan," kata Hasto di DPC PDIP Bandung, Jawa Barat, Jumat (27/1/2023).

Hasto menyebut PDIP akan mempertimbangkan dan mengevaluasi prestasi Gibran di Solo sebelum menentukan tugas selanjutnya.

"Mas Gibran saat ini sebagai Wali Kota Solo, apa yang Mas Gibran lakukan, prestasi sebagai Wali Kota Solo, tentu saja menjadi bahan evaluasi dari partai di dalam menentukan tugas-tugas selanjutnya dan itulah yang dilakukan," ucapnya.

Menurut Hasto, warga Solo juga akan turut menilai sebab mereka lah yang merasakan kinerja Gibran.

"Yang cocok atau tidak kan rakyat, nanti ada ukurannya prestasinya bagaimana di Solo, itu yang harus dilakukan terlebih dahulu," kata dia.

Namun demikian, lanjut Hasto, PDIP tengah fokus mempersiapkan pileg dan pilpres sebelum Pilkada. Selain itu, pihaknya juga akan terus melakukan peningkatan kapasitas kader.

"Kami terus melakukan upgrading para kepala daerah PDIP semua secara periodik ditingkatkan kepemimpinannya. Namun di dalam Pilkada DKI, PDIP mengikuti tahapan dengan baik, saat ini fokus PDIP mempersiapkan Pileg dan Pilpres, setelah itu baru berbicara Pikada," pungkas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Maju

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan dirinya tidak berambisi maju dalam Pilgub 2024. Namun jika ditugaskan oleh PDIP, putra sulung Presiden Jokowi itu mengaku siap.

"Saya siap, kalau ada penugasan," ujar Gibran saat ditemui di Solo Safari, Jumat 20 Januari 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.