Sukses

5 Tradisi Imlek Ini Mulai Dilupakan dan Tak Lagi Dilakukan

Imlek yang juga disebut Lunar New Year dan Chinese New Year memiliki tradisi yang hampir ditinggalkan.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru Imlek 2023 dirayakan kemarin, Minggu 22 Januari. Perayaan Imlek atau yang juga disebut Tahun Baru China ini sangat dinantikan oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia.

Pada Tahun Baru Imlek 2023 ini adalah Tahun Kelinci Air atau Year of the Water Rabbit yang dimulai pada 22 Januari sampai 9 Februari 2024, ketika memasuki Tahun Naga.

Jangan lupa, ada sejumlah tradisi Imlek yang biasa dilakukan masyarakat Tionghoa. Salah satunya bagi-bagi angpao. Angpao yang diberikan itu dalam bentuk amplop merah untuk anak-anak merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu.

Isi dari angpao adalah uang tunai. Orang tua atau pasangan yang sudah menikah biasanya memberikan amplop yang disebut hong bao dalam bahasa Mandarin atau lai see dalam bahasa Kanton ini kepada anak-anak dan kerabat lebih muda yang belum menikah.

Meski begitu, Imlek yang juga disebut Lunar New Year dan Chinese New Year memiliki tradisi yang hampir ditinggalkan.

Sementara banyak orang di seluruh dunia merayakan Tahun Baru Imlek dengan tradisi, dalam masyarakat Tiongkok ini termasuk memberi lai see amplop kertas dan mengemil biji melon untuk mewakili panen yang melimpah, ada kebiasaan lain yang mulai ditinggalkan di zaman modern ini.

Tradisi Imlek yang dilupakan misalnya membakar kembang api besar-besaran. Salah satu cerita rakyat Tiongkok yang terkenal menceritakan kisah seorang nian – homonim untuk 'tahun' dalam bahasa Mandarin – binatang mitos yang biasa mengamuk di desa setiap tahun, menghancurkan rumah dan melahap penduduk desa.

Penduduk desa menemukan bahwa nian takut dengan suara keras, jadi mereka menuangkan bubuk mesiu ke dalam batang bambu kering dan melemparkannya ke dalam api.

Kebisingan yang dihasilkan saat mereka meledak akan membuatnya takut. Belakangan, petasan digunakan untuk mengusir roh jahat. Penggunaan kembang api untuk kepentingan pribadi, termasuk petasan, telah dilarang di Hong Kong sejak 1960-an karena alasan keamanan. Hal yang sama berlaku untuk banyak kota besar di Tiongkok.

Selain itu, menurut legenda, dua hari pertama Tahun Baru Imlek juga merupakan hari kelahiran Dewa Air, yang tersinggung saat orang mencuci rambut dan pakaiannya dengan air.

Berikut sederet tradisi Imlek yang mulai dilupakan dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Membuat Dewa Dapur Senang

Melansir South China Morning, legenda Cina mengatakan Dewa Dapur, atau Dewa Kompor, mengunjungi setiap rumah tangga (seperti Sinterklas) selama bulan ke-12 tahun lunar dan melaporkan kembali ke Kaisar Giok di langit tentang apa yang telah dilakukan setiap orang di tahun lalu.

Banyak keluarga akan memberikan makanan manis seperti kue gula, panekuk goreng, dan sup buncis sebelum Malam Tahun Baru Imlek sebagai persembahan kepada dewa dapur, dengan harapan dia akan mengatakan hal-hal manis tentang mereka selama penilaian mereka.

Tidak seperti Sinterklas, yang tidak dikenal menerima suap uang, orang-orang akan menyambut Dewa Dapur kembali ke kompor mereka dengan membakar dupa dan uang kertas joss.

Ritual ini jarang terlihat saat ini, karena banyak keluarga telah pindah ke rumah modern yang tidak memiliki tungku memasak tradisional.

 

3 dari 6 halaman

2. Membakar Kembang Api Besar-Besaran

Salah satu cerita rakyat Tiongkok yang terkenal menceritakan kisah seorang nian – homonim untuk 'tahun' dalam bahasa Mandarin – binatang mitos yang biasa mengamuk di desa setiap tahun, menghancurkan rumah dan melahap penduduk desa.

Penduduk desa menemukan bahwa nian takut dengan suara keras, jadi mereka menuangkan bubuk mesiu ke dalam batang bambu kering dan melemparkannya ke dalam api.

Kebisingan yang dihasilkan saat mereka meledak akan membuatnya takut. Belakangan, petasan digunakan untuk mengusir roh jahat. Serangkaian petasan kecil dinyalakan pada tengah malam untuk melambangkan dering tahun lama, kemudian tiga petasan besar dinyalakan untuk menyambut tahun baru. Semakin keras mereka, semakin baik kemakmuran selama 12 bulan ke depan.

Penggunaan kembang api untuk kepentingan pribadi, termasuk petasan, telah dilarang di Hong Kong sejak 1960-an karena alasan keamanan. Hal yang sama berlaku untuk banyak kota besar di Tiongkok.

 

4 dari 6 halaman

3. Keramas atau Mencuci Rambut

Menurut legenda, dua hari pertama Tahun Baru Imlek juga merupakan hari kelahiran Dewa Air, yang tersinggung saat orang mencuci rambut dan pakaiannya dengan air.

Ada juga kepercayaan bahwa, karena "rambut" dalam bahasa Mandarin dan Kanton terdengar seperti "makmur", mencuci rambut berarti menghilangkan kemakmuran untuk tahun yang akan datang. Akibatnya, banyak orang menghindari mencuci pakaian dan mencuci rambut selama dua hari tersebut.

Saat ini, tradisi ini sebagian besar diabaikan, terutama di daerah subtropis di dunia seperti Hong Kong, yang udaranya sering lembab dan lembap.

 

5 dari 6 halaman

4. Diam di Rumah saat Hari Ketiga Imlek

Hari ketiga Tahun Baru Imlek dikenal sebagai Hari Anjing Merah. Menurut cerita rakyat Tiongkok, Anjing Merah adalah Dewa Kemarahan, yang berkeliaran pada hari ketiga tahun baru. Mereka yang bertemu dengannya dijamin akan bernasib buruk.

Seakan itu belum cukup propaganda anti-anjing, 'scarlet dog' berima dengan 'scarlet mouth', yang artinya bertengkar dengan keluarga dan tetangga.

Karena itu, banyak yang akan tinggal di rumah dan tidak mengunjungi atau menerima orang lain untuk menghindari pertemuan yang tidak disengaja dengan Anjing Merah.

Meskipun hal ini biasanya tidak lagi dilakukan, sebab orang-orang lebih memilih untuk bersosialisasi dan berkumpul.

 

6 dari 6 halaman

5. Membersihkan Rumah atau Tidak Bersih-Bersih Sama Sekali

Saatnya menyembunyikan pel dan sapu dari orang-orang di rumah, karena kita tidak boleh membersihkan lantai selama beberapa hari pertama tahun baru.

Menyapu lantai, membuang air, dan membuang sampah dari rumah secara tradisional menandakan hilangnya keberuntungan dan kekayaan yang akan datang di tahun baru.

Dengan demikian, semua ini tidak akan dilakukan untuk jangka waktu dua sampai lima hari. Ini mungkin mengapa banyak keluarga melakukan pembersihan musim semi pada malam Tahun Baru Imlek saat mereka mengucapkan selamat tinggal pada tahun lalu.

Meskipun kebiasaan ini jarang terlihat di kota-kota saat ini, namun masih dipraktikkan di beberapa desa pedesaan Tionghoa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.