Sukses

Top 3 News: Mahfud Md Angkat Bicara soal 8 Parpol Tolak Sistem Proporsional Tertutup Pemilu 2024

Menko Polhukam Mahfud Md soal pertemuan delapan partai politik (parpol) yang menyatakan sikap menolak sistem pemilu proporsional tertutup atau coblos partai pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait tanggapan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md soal pertemuan delapan partai politik (parpol) yang menyatakan sikap menolak sistem pemilu proporsional tertutup atau coblos partai pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 mendatang.

Mahfud menilai, pemerintah tidak bisa mengintervensi sikap yang diambil oleh partai politik terkait polemik sistem proporsional tertutup dan proporsional terbuka pada Pemilu 2024.

Mahfud mengatakan, pemerintah tak ikut campur atas sikap yang dilakukan oleh 8 parpol di Senayan tersebut, sebab bukan menjadi kewenangannya. Dia menilai, masing-masing partai berhak menentukan langkah politiknya sendiri.

Kemudian, pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Vietnam berlangsung Senin malam 9 Januari 2023 di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam.

Laga leg pertama sendiri telah berlangsung pada Jumat 6 Januari 2023 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Laga Indonesia vs Vietnam itu berakhir dengan kedudukan 0-0.

Rupanya, kali ini tuan rumah memiliki motivasi khusus pada laga nanti. Selain memburu kemenangan dan melangkah ke final, mereka juga ingin memberi perpisahan manis kepada pelatih Park Hang-seo.

Senada, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong juga mengincar kemenangan di laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait gempa bumi yang menggetarkan pada pukul 05.41.06 WIB di wilayah Bantul, Yogyakarta.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofika (BMKG), episenter gempa Bantul terletak pada koordinat 8,00° LS ; 110,42° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13 km arah Tenggara Bantul, DIY, pada kedalaman 18 kilometer.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menyampaikan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 9 Januari 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mahfud Md soal 8 Parpol Tolak Coblos Partai: Silakan, Pemerintah Tak Boleh Bersikap

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md turut merespons kesepakatan yang dilakukan oleh delapan partai politik (parpol) parlemen yang menyatakan sikap menolak sistem pemilu proporsional tertutup atau coblos partai.

Mahfud Md menyatakan, pemerintah tidak bisa mengintervensi sikap yang diambil oleh partai politik terkait polemik sistem proporsional tertutup dan proporsional terbuka pada Pemilu 2024.

"Silakan saja, pemerintah tidak boleh bersikap," kata Mahfud Md kepada wartawan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Minggu 8 Januari 2023.

Mahfud mengatakan, pemerintah tak ikut campur atas sikap yang dilakukan oleh 8 parpol di Senayan tersebut, sebab bukan menjadi kewenangannya. Dia menilai, masing-masing partai berhak menentukan langkah politiknya sendiri.

"Enggak boleh bersikap (pemerintah), kenapa? karena partai itu yang menentukan pilihannya sendiri dan MK yang memutuskan," ucapnya.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Lima Fakta Jelang Pertandingan Semifinal Piala AFF 2022 Indonesia Vs Vietnam Leg Kedua

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Vietnam akan berlangsung malam nanti, Senin 9 Januari 2023 di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam.

Laga leg pertama sendiri telah berlangsung pada Jumat 6 Januari 2023 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Laga Indonesia vs Vietnam itu berakhir dengan kedudukan 0-0.

Rupanya, kali ini tuan rumah memiliki motivasi khusus pada laga nanti. Selain memburu kemenangan dan melangkah ke final, mereka juga ingin memberi perpisahan manis kepada pelatih Park Hang-seo.

Senada, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong juga mengincar kemenangan di laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Meski, berdasar peraturan, Skuad Garuda bakal lolos jika meraih hasil imbang dengan skor (1-1, 2-2, dst) karena adanya gol tandang.

"Kami 100 persen tidak pernah mau seri. Kami berupaya menyelesaikan pertandingan dalam 90 menit dan melaju ke final," kata Shin Tae-yong.

"Setiap pemain siap menunjukkan upaya maksimal," tambahnya.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Gempa Getarkan Bantul Senin Pagi 9 Januari 2023, Tidak Berpotensi Tsunami

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofika (BMKG) mengungkapkan telah terjadi gempa bumi di Bantul Yogyakarta. Gempa terjadi pada hari ini, Senin (9/1/2023) pukul 05.41.06 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M3.1," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono kepada wartawan, Senin 9 Januari 2023.

Dia menuturkan, episenter gempa Bantul terletak pada koordinat 8,00° LS ; 110,42° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13 km arah Tenggara Bantul, DIY, pada kedalaman 18 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal diduga akibat adanya aktivitas Sesar Opak. Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Bantul II MMI," jelas dia.

Hingga saat ini, Daryono mengungkapkan, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.