Sukses

Polisi Larang Penggunaan Kembang Api dan Petasan di Sudirman-Thamrin Saat Malam Tahun Baru 2023

Larangan penggunaan kembang api dan petasan di kawasan Sudirman-Thamrin bukan tanpa alasan. Selain mengganggu masyarakat lain yang merayakan malam tahun baru 2023, petasan dan kembang api juga dapat memicu kebakaran.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat dilarang menyalakan petasan dan kembang api di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta pada saat malam pergantian tahun 2023.

Hal itu disampaikan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran usai menggelar rapat koordinasi pengamanan malam tahun baru 2023 bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Kodam Jaya, Jumat (30/12/2022).

"Petasan dan sejenisnya dilarang, sepanjang Sudirman-Thamrin," kata Fadil di Polda Metro Jaya.

Fadil mengajak masyarakat merayakan tahun baru dengan penuh kegembiraan. Tetapi, tetap menjauhi kemudaratan dengan mentaati kebijakan yang telah dibuat.

"Jadi kami melarang penggunaan petasan dan kembang api di Sudirman-Thamrin," ujar dia.

Fadil menyampaikan, larangan penggunaan kembang api dan petasan di kawasan Sudirman-Thamrin bukan tanpa alasan. Banyak warga yang merayakan di situ tidak nyaman dengan bunyi petasan atau kembang api.

"Serbuknya berjatuhan, bisa juga menyebabkan kebakaran dan sebagainya. Toh panggung hiburan itu sudah cukup menghibur sebenarnya," ujar dia.

Fadil mengimbau, masyarakat juga tidak berlebihan dalam merayakan malam tahun baru.

"Itu aja imbauan dari kami. Taati, ikuti, informasi dan arahan dari petugas Polri, dari Pemda, Kemudian dari rekan-rekan TNI yang akan melayani teman-teman di malam pergantian tahun," ucap Kapolda Metro Jaya menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Main Petasan dan Kembang Api di Permukiman

Sementara itu, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau petasan dan kembang api juga tak dinyalakan di permukiman padat penduduk.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, yang pertama untuk menjaga masing-masing yaitu misalnya ada kerawanan-kerawanan yang di tempat perumahan padat untuk menghindari kembang api dan petasan," ujar dia.

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin ikut keramaian di Sudirman-Thamrin diimbau menjaga kebersihan dan kesabaran.

"Jika ada memang sangat padat dan tentunya saling memahami, sehingga semua bisa berjalan dengan baik. Itu imbauan kami," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.