Sukses

Gempa M 6,2 Guncang Jember, BNPB: Belum Ada Laporan Kerusakan Bangunan dan Korban Jiwa

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut Gempa bumi dengan magnitudo 6,2 yang terjadi di Jember, Jawa Timur pada pukul 13.07 WIB, Selasa (6/12/2022) tak memicu terjadinya tsunami.

"Fenomena ini terjadi sekitar pukul 13:07 WIB dengan pusat gempa berada pada 284 km barat daya Kabupaten Jember," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan resminya.

Abdul menyebut gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu dirasakan hingga ke tiga wilayah kabupaten yakni Jember, Pacitan dan Trenggalek. Warga merasakan getaran selama lima detik.

"Berdasarkan pemodelannya, BMKG merilis gempa berpusat di laut dan tidak memicu terjadinya tsunami," katanya.

Lebih lanjut, Tigor menyampaikan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember telah menerjunkan tim reaksi cepat ke wilayah yang merasakan guncangan dan mengecek potensi dampak kerusakan.

"Hingga berita ini diturunkan, BPBD Kab. Jember, Trenggalek dan Pacitan belum menerima adanya laporan kerusakan bangunan maupun korban jiwa atau luka," ungkap Abdul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Monitor Situasi Pasca Gempa

Menanggapi gempa bumi itu, BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD setempat dan memonitor situasi pasca gempa melalui Pusdalops BNPB. Kendati demikian, masyarakat diimbau waspada dan siaga terhadap potensi gempa susulan.

"Pastikan sumber informasi terkait gempa diperoleh dari sumber yang dapat dipertanggung jawabkan," kata dia.

3 dari 3 halaman

Gempa Terasa hingga Yogyakarta

Gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang Jember, Jawa Timur terasa hingga di wilayah sekitarnya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa terasa hingga Yogyakarta.

BMKG menginformasikan, gempa dirasakan pada skala MMI III di Jember, III di Gubuk Mas, III di Mataram, III di Kepanjen, III di Sumber Pucung, II di Madiun, II di Ponorogo, II - III di Kuta, II - III di Kuta Selatan, II di Bantul, II di Yogyakarta, II di Sawahan, II di Klaten, II di Banyuwangi, dan II di Karangasem.

BMKG mengimbau masyarakat untuk hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi.

Gempa magnitudo 6,2 terjadi di Barat Daya Jember, Jawa Timur pada pukul 13.07 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer. Lokasinya pada koordinat 10.75 Lintang Selatan (LS) - 113.42 Bujur Timur (BT).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS