Sukses

BPIP Gelar Kirab Pancasila dan Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila 2022 di Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan kegiatan tahunan Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila 2022 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap putra-putri terbaik di seluruh penjuru tanah air yang senantiasa gigih berkarya dan menorehkan prestasi yang berdampak baik bagi negara dan bangsa Indonesia.

Para peraih Ikon Prestasi Pancasila juga diharapkan dapat menjadi mitra strategis bagi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dalam setiap upaya pembumian nilai-nilai Pancasila yang teraktualisasi dalam laku hidupnya sehingga mampu menjadi inspirasi nyata di seluruh lapisan masyarakat.

Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila dimulai sejak tahun 2017 oleh Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) dengan memilih sejumlah 72 Ikon Prestasi Pancasila yang bertepatan dengan angka tahun peringatan Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Sehubungan dengan masa peralihan dan revitalisasi organisasi menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), penyelenggaraan kegiatan Ikon Prestasi Pancasila baru kembali diselenggarakan pada tahun 2019 dengan memilih sejumlah 74 Ikon. Kemudian secara berturut-turut mengiringi momentum perayaan Hari Kemerdekaan dengan memilih 75 Ikon di tahun 2020, dan pada tahun 2021 memilih 76 Ikon Prestasi Pancasila.

Tahun 2022 ini, penyelenggaraan Ikon Prestasi Pancasila akan dilangsungkan dengan memilih 45 Ikon Prestasi Pancasila baik individu, kelompok, maupun komunitas yang dipilah dalam lima kategori, yakni: Sains dan Inovasi, Olahraga, Seni dan Budaya, Kewirausahaan Sosial, serta Tokoh dan Penggerak Lintas Iman, yang dapat mencerminkan semangat perjuangan atau elan Manusia Indonesia dengan menunjukkan suatu inspirasi keteladanan bagi seluruh elemen bangsa untuk menguatkan rasa bangga dan cinta pada tanah air Indonesia. 

Ikon Prestasi Pancasila

Ikon Prestasi Pancasila sendiri merupakan wujud pribadi, kelompok, maupun komunitas yang melaksanakan Pancasila dalam tindakan, dan dilakukan secara tulus dan konsisten, baik dicerminkan melalui karya, prestasi nasional, maupun internasional. Adapun selain melalui proses yang ketat dalam penjaringan, seleksi oleh Tim Juri yang independent dan kapabel, serta kesediaan menandatangani Pakta Integritas, para kandidat peraih Ikon Prestasi Pancasila tersebut juga harus memenuhi beberapa kriteria, sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia dan Memiliki rekam jejak yang positif;
  2. Memiliki prestasi atau karya yang inovatif dan inspiratif;
  3. Prestasi atau karyanya diakui oleh masyarakat, bangsa, dan negara dan/atau internasional;
  4. Karya atau tindakan yang memiliki dampak positif dan bermanfaat bagi bangsa dan negara;
  5. Memberikan inspirasi kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

BPIP telah memilih 45 Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2022 untuk dianugerahkan kepada individu, kelompok, maupun komunitas yang melaksanakan Pancasila dalam tindakan secara konsisten dan tanpa pamrih. Mereka yang menunjukkan keteladanan publik di bidang Sains dan Inovasi, Olahraga, Seni Budaya, Kewirausahaan Sosial, dan Tokoh/Penggerak Lintas Iman. 

Dari segala praktik baik yang terus bertumbuhan di seluruh penjuru negeri ini, kelak dipadukan dan disinkronkan dengan semangat gotong royong, saling berkolaborasi untuk menggapai cita-cita kemerdekaan, yakni mewujudkan masyarakat adil makmur. Pancasila sebagai “politik harapan” akan memandu kita menjadi bangsa tangguh yang produktif dan berperan penting dalam menyongsong era kemajuan. 

Rangkaian puncak acara Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2022 ini diselenggarakan di provinsi D.I. Yogyakarta karena daerah ini dipandang telah menjadi simbol kota pemersatu bangsa, dimana terdapat perpaduan harmonik lintas kultural yang menjadi cerminan kebhinekaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kirab Dimeriahkan 45 Ikon Pancasila

Sementara, puncak acara malam penganugerahan ditayangkan secara langsung melalui jaringan TVRI dengan jangkauan siaran ke seluruh penjuru negeri, yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 03 Desember 2022, mulai Pukul 19.00 WIB dan bertempat di Gedung Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta.

Selain itu, kemeriahan acara puncak juga akan didukung dengan penyelenggaraan Kirab Pancasila yang tidak hanya melibatkan arak-arakan bagi 45  peraih Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2022, tetapi juga segenap unsur masyarakat dalam balutan festival seni budaya yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 04 Desember 2022, mulai pukul 07.00 WIB dan bertempat di Jalan Malioboro Kota Yogyakarta.

Oleh karenanya, BPIP mengharapkan dukungan dari segenap unsur stakeholder untuk turut serta berpartisipasi dalam semangat gotong royong, menjadi sangat penting demi suksesnya penyelenggaraan acara ini.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang pembentukannya diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018 mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan melaksanakan penyusunan standarisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada Lembaga Tinggi Negara, kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Organisasi Sosial Politik, dan komponen masyarakat lainnya.

Hal ini senada dengan Peraturan BPIP RI Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Tahun 2020 – 2024 yang memberikan arah untuk mendorong penguatan praktik positif (positive reinforcement) dengan proses apresiasi dan penghargaan yang pantas (reward) agar Pancasila dapat dialami dalam praksis hidup yang dapat dilihat, dicontoh, dan menjadi keteladanan yang memberi inspirasi bagi banyak orang. 

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS