Sukses

PPP: Pemimpin Rambutnya Memang Memutih Seiring Usia dan Bertambahnya Beban Pikiran

Liputan6.com, Jakarta Partai Persatuan Pembangunan (PPP) enggan mengkaitkan Ganjar Pranowo dengan sosok berambut putih yang disebut Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin yang memikirkan rakyat. Menurut Ketua DPP PPP Achmad Baidowi, hak semua orang bila mengkaitkan pemimpin berambut putih tersebut dengan Ganjar.

"Kalau kemudian ada yang mengasosiasikan itu dengan Ganjar ya itu hak seseorang untuk mengasosiasikan gitu," ujar politikus yang akrab disapa Awiek kepada wartawan, Minggu (27/11/2022).

Bagi PPP, semua pemimpin yang memikirkan rakyat memang rambutnya mulai memutih. Karena akibat sering kali memikirkan bangsa dan negara.

"Memang faktanya para pemimpin yang banyak memikir itu rambutnya makin memutih karena seiring bertambahnya usia, bertambahnya beban, bertambahnya pikiran," ujar Awiek.

Terkait capres pilihan Jokowi itu, PPP tegas punya mekanisme sendiri untuk menentukan sikap. PPP masih menginventarisir nama-nama dan pendapat dari para pengurus wilayah.

"Nanti pada saatnya akan digelar forum resmi untuk pengambilan keputusan," ujar Awiek.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Pemimpin Menurut Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ciri-ciri pemimpin yang betul-betul memikirkan persoalan rakyatnya. Menurut dia ciri-ciri itu dapat dilihat dengan mata telanjang.

"Perlu saya sampaikan, perlu saya sampaikan, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya itu kelihatan," kata Jokowi dalam acara relawan 'Nusantara Bersatu' di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11/2022).

Di hadapan ribuan relawannya itu Jokowi menyebut bahwa pemimpin yang memikirkan rakyat dapat dilihat dari kerutan diwajahnya.

"Dari penampilannya itu kelihatan, banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat," ucap Jokowi.

Selain dari wajah, ciri lainnya dapat dilihat dari banyaknya rambut yang memutih.

"Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada, ada itu," ujarnya.

Pernyataannya soal ciri pemimpin yang memikirkan rakyat itu bahkan sampai diulang-ulang oleh Jokowi.

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Relawan Jokowi: Pemimpin Rambut Putih Identik Dengan Ganjar Pranowo

Ribuan relawan pendukung setia Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terhimpun dalam Gerakan Nusantara Bersatu menggelar pertemuan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Ketua Umum Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas mengatakan, para pendukung akan tetap setia menunggu arahan Jokowi dalam menentukan sikap politik dalam estafet kepemimpinan di 2024. 

"Pendukung Jokowi setia menunggu arahan atau petunjuk dari presiden untuk kepemimpinan nasional kedepan," jelas Michael Umbas di GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Terkait siapa calon pemimpin yang akan didukung, Umbas mengatakan, bahwa Presiden Jokowi secara tersirat sudah memberi petunjuk.

Yaitu memilih Capres 2024 berdasarkan kriteria di fisiknya yakni memiliki kerutan wajah dan rambut putih. Menurutnya, hal itu identik dengan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Dari analogi kriteria yang disampaikan Pak Presiden Jokowi, dapat diartikan bahwa dengan komposisi calon yang ada sekarang ya Pak Ganjar Pranowo. Kan beliau tidak mungkin sebut nama, tetapi kriteria. Yang rambut putih kebetulan identik dengan Ganjar. Kecuali ada lagi calon lain yang akan muncul dengan ciri rambut putih," jelas Umbas.

Dia menegaskan, Jokowi lebih cenderung membuat analogi dan perumpamaan lantaran sejauh ini semua dinamika politik Capres 2024 masih sangat cair.

"Pak Jokowi dengan gaya Solo senang membahasakan dengan perumpamaan dan analogi-analogi tapi sesungguh memiliki substansi kuat, termasuk soal rambut putih dan wajah kerutan," tandas Umbas.

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS