Sukses

Prabowo Subianto: Indonesia Tengah Waspadai Situasi Politik Dunia

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan Menhan RI Prabowo Subianto mengungkapkan Indonesia tengah mewaspadai kondisi politik dunia. Dia mengatakan situasinya saat ini penuh ketidakpastian.

"Masyarakat harus ikut waspada akan tetapi kita bersyukur dari dulu karena Indonesia memilih politik bebas aktif atau menghormati semua negara sehingga saya kira sudah benar," kata Prabowo di Kantor Dewan Pengurus Partai Gerindra Sulawesi Tengah, di Palu, seperti dilansir Antara, Sabtu 26 November 2022.

Menurut dia, ketidakpastian politik dunia ini merupakan dampak ketegangan perang Ukraina dan Rusia. Seperti yang diketahui, ketegangan antara dua negara ini telah berlarut-larut hingga berlangsung sembilan bulan.

"Ini menimbulkan berbagai krisis di dunia, mulai dari krisis BBM sampai krisis pangan karena dua hal itu berkaitan sehingga harus waspada," tutur dia.

Meskipun begitu, kata dia, pihaknya menyampaikan masyarakat agar tetap tenang karena pemerintah telah berupaya maksimal dan optimal untuk mengendalikan situasi dan kondisi tersebut.

Minta Kader Gerindra Santun

Dia pun mengatakan, kader Gerindra harus bersatu dengan partai politik lain demi menjaga persatuan bangsa. 

"Maka dari itu, semua harus waspada dan terus menjaga kekompakan dan persatuan. Dalam hal ini, Partai Gerindra dan partai politik lain harus bersatu untuk menjalin kerja sama yang baik," kata Prabowo.

Oleh karena itu, Prabowo meminta agar seluruh kader dapat saling menjaga hubungan baik dan bersikap santun antarsesama, sekaligus meminta kader yang tidak setuju dan sejalan dengan perjuangan Gerindra dapat mencari partai lain.

"Yang tidak setuju dengan perjuangan partai, mempertahankan Pancasila dan UUD 1945 dan NKRI silakan mencari partai lain," imbuh dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Demokrasi yang Sehat

Sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan kedaulatan bangsa perlu ditopang dengan demokrasi yang sehat sehingga rakyat tidak mudah di adu domba dan dipecah belah.

"Bangsa Indonesia kental dengan sikap gotong royong dan kekeluargaan. Maka dengan modal ini kita harus tunjukkan bahwa rasa nasionalisme rakyat Indonesia kuat dalam menjaga kedaulatan," kata Prabowo saat menjadi pembicara pada Musyawarah Nasional (Munas) XI Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di kota Palu, Sabtu (26/11/2022).

Menurut dia, Indonesia memiliki nilai-nilai luhur dalam menjalankan demokrasi, olehnya elite-elite politik tidak perlu saling bersitegang, karena demokrasi yang dijalankan tujuannya hanya satu yakni untuk memakmurkan rakyat.

Ia mengajak semua elemen bangsa merapatkan barisan untuk merawat persatuan dan kesatuan serta menegakkan demokrasi yang baik sesuai karakter bangsa.

"Semangat menegakkan demokrasi jangan hanya dengan ucapan, tetapi harus ditindaklanjuti dengan perbuatan dan sikap patriotik, harus dijiwai," ucap Prabowo.

3 dari 3 halaman

Kedaulatan

Prabowo menuturkan, kedaulatan tidak hanya diartikan merdeka dari penjajahan. Kedaulatan harus ditegakkan untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa, supaya tidak ada lagi kesenjangan ekonomi di tengah rakyat, termasuk keamanan rakyat terlindungi.

Dari sisi politik, katanya, Indonesia memberikan contoh yang baik pada dunia, bahwa kompetisi dalam kontestasi politik dilakukan dengan penuh kearifan, dalam artian sejuk dan damai, serta saling memberi peluang ikut terlibat penuh membangun bangsa dalam lingkup pemerintahan.

"Persaingan dalam kontestasi politik pasti ada, setelah selesai kompetisi kita rujuk kembali, rujuk dan damai, tujuannya tidak lain untuk membangun kebersamaan dalam bingkai persatuan dan kesatuan," ujarnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    Prabowo Subianto
  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    Prabowo