Sukses

Hari Guru Nasional, Kemenag Dorong Apresiasi Tenaga Pengajar Berprestasi

Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 menjadi penanda kepada tenaga pendidik untuk terus melakukan inovasi dan mengukir prestasi dalam bidang pengajaran.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 menjadi penanda kepada tenaga pendidik untuk terus melakukan inovasi dan mengukir prestasi dalam bidang pengajaran. Hal itu disampaikan oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama, Muhammad Zain dalam rapat Koordinasi GTK Madrasah Berprestasi Grand Final GTK Madrasah Tahun 2022 di Jakarta.

"Kita hidup di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) yang penuh dengan ketidakpastian dan perubahan cepat serta sulit diprediksi. Para Guru dan Tenaga Pendidikan harus mampu menjawab dan terus berupaya melakukan berbagai inovasi dan prestasi utamanya dalam pengajaran dan pendidikan. Itulah fokus kita saat ini," ujar Zain dalam keterangan diterima, Kamis (24/11/2022).

Menurut Zain, dalam hidup, sukses bukanlah sebuah tujuan, melainkan usaha. Sebab, sukses itu anugerah Allah yang harus terus diikhtiarkan.

“Berikhtiar menjadi lebih baik, berinovasi dan terus mengukir prestasi,” dorong Zain.

Soal momentum HGN 2022, Zain menerangkan, Kementerian Agama memberikan apresiasi kepada guru madrasah ke dalam beberapa kategori guru. Mulai dari guru berprestasi, inovasi, inspirasi dan guru berdedikasi.

“Dari 500 orang guru yang mendapatkan apresiasi, itu ada guru yang berprestasi, ada guru yang inovasi, ada guru yang menginspirasi ada yang berdedikasi,” terang dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kategori Lain

Selain kategori disebutkan, Zain menambah satu kategori lagi untuk guru dan tenaga kependidikan Madrasah, yaitu guru favorit. Menurut dia, kategori ini dihadirkan agar bisa memberi ruang apresiasi kepada mereka yang terus mencari cara unik saat mengajar.

“Ada kategori guru Favorit, Jadi selalu ada ruang bagaimana caranya guru itu dikasih apresiasi,” sebut Zain.

Sebagai informasi, sesuai arahan Menteri Agama, anggaran untuk kegiatan HGN 2022 akan lebih fokuskan untuk apresiasi para guru agar lebih maslahat. Sebab, Anugerah GTK Madrasah Tahun 2022 digelar sebagai apresiasi terhadap guru dan tenaga pendidi yang selalu meningkatkan kompetensi, profesionalisme, kinerja dan prestasi.

Nantinya, final Final Anugerah GTK Nasional 2022 akan diselenggarakan di Hotel Swiss-Bell Inn Kemayoran Jakarta pada tanggal 23-25 November 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hari guru mempunyai makna sebagai bentuk penghormatan kepada guru atas jasa-jasa yang telah dilakukannya selama ia mengajar.
    Hari guru mempunyai makna sebagai bentuk penghormatan kepada guru atas jasa-jasa yang telah dilakukannya selama ia mengajar.

    Hari Guru

  • Kemenag