Sukses

PKB Sudah Umumkan 5 Program untuk Rakyat, Optimis Menatap 2024

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah mengumumkan lima program rakyat pada 2024. Sehingga, pihaknya optimis menyongsong ke depannya.

Liputan6.com, Jakarta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah mengumumkan lima program rakyat pada 2024. Sehingga, pihaknya optimis menyongsong ke depannya.

Adapun lima program itu diantaranya, listrik gratis untuk rakyat miskin, pupuk gratis untuk petani miskin, menurunkan harga BBM untuk sepeda motor dan angkutan umum, menaikan dana pensiun untuk TNI/Polri, dan pinjalan modal tanpa agunan dan bunga untuk pengusaha serta inovator milenial.

"Program listrik gratis untuk rakyat miskin merupakan program yang diperuntukkan bagi 24 juta rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA dan selama ini menerima subsidi listrik. PKB telah menghitung kebutuhan APBN untuk bisa menggratiskan listrik bagi rakyat miskin," kata Ketua DPP PKB Ahmad Iman Sukri, Minggu (10/30/2022).

Sementara, pupuk gratis adalah keinginan PKB untuk membantu para petani yang memiliki lahan 0,5 ha ke bawah. "Selain itu, PKB juga akan memastikan ketersediaan pupuk di seluruh pelosok Indonesia," ungkap Ahmad.

"Program menurunkan harga BBM untuk sepeda motor dan angkutan umum adalah program untuk membantu sebagian besar rakyat Indonesia menghadapi kesulitan ekonomi di tahun mendatang," sambungnya.

Sementara, menaikkan dana pensiun untuk TNI/Polri adalah program keberpihakan PKB kepada generasi pendahulu yang sudah memberikan bakti dan pengabdiannya kepada negara, bangsa dan rakyat Indonesia.

"Sementara, program pinjaman untuk SDM milenial dengan memberikan pinjaman tanpa agunan dan bunga untuk para pengusaha dan inovator milenial," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Road to Election

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar menyatakan, partainya siap menurunkan harga listrik untuk masyarakat miskin. Kepercayaan diri itu dipastikan bukan omong kosong, sebab hasil konsolidasi partai selama tiga hari sudah mengkalkulasi hal tersebut.

Oleh karena itu, mulai tahun depan, PKB bakal menyerukan program listrik gratis untuk masyarakat di bawah garis kemiskinan.

"Keputusan rapat dan konsultasi seluruh jajaran, bertekad total tahun 2023 PKB wajib menyukseskan program listrik gratis untuk orang miskin," kata pria karib disapa Cak Imin itu di Tenis Indoor Senayan GBK, Jakarta, Minggu (30/10/2022).

 

3 dari 3 halaman

Program Lainnya

Selain listrik, dua menyebut PKB siap untuk menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM). Menurut dia, hal itu bukan sesuatu yang mustahil jika hanya untuk sepeda motor dan angkutan publik.

"Ini sudah dihitung anggrannya, menurunkan harga BBM khusus untuk sepeda motor dan angkutan umum, sudah dihitung," kata Imin.

Dia juga menyingung soal pupuk gratis untuk petani yang memiliki tanah kurang dari 0,5 hektare. Selanjutnya, PKB mengaku siap memperjuangkan peningkatan dana pensiun TNI dan Polri sebagai pelayan bangsa.

"Terakhir, bonus demografi puncaknya 2030 kita punya waktu 7 tahun meng-upgrade total kemampuan kaum muda, salah satu yang real adalah memberikan bantuan modal tanpa agunan untuk mereka berusaha," Munaimin menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BBM atau Bahan Bakar Minyak adalah materi apapun yang bisa diubah menjadi energi.

    BBM

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • PKB