Sukses

Kemenhub: Pelatihan dan Sertifikasi Dongkrak Daya Saing SDM Pelabuhan

Kemenhub mengapresiasi pelatihan dan pendidikan kepala regu kerja yang diselenggarakan oleh Induk Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan.

Liputan6.com, Jakarta - Kasubdit Usaha Angkutan Laut Khusus dan Usaha Jasa Terkait Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Capt. Pujo Kurnianto, mengapresiasi pelatihan dan pendidikan kepala regu kerja yang diselenggarakan oleh Induk Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan. Menurut dia, hal ini menjawab permintaan pengguna jasa terhadap kebutuhan sumber daya manusia (SDM) TKBM yang professional dalam memberikan pelayanan jasa bongkar muat di Pelabuhan.

“Kami mendorong Induk Koperasi TKBM Pelabuhan meningkatkan kompetensi dan sertifikasi. Semangat ini akan berdampak terhadap dukungan kelancaran logistik di pelabuhan lebih menjadi efesien dan efektif,” kata Capt Pujo dalam keterangan pers diterima, Jumat (28/10/2022).

Senada, Kepala Balai Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP), Winarno, menilai pelatihan bagi para pekerja bongkar muat pelabuhan sangat diperlukan. Sebab, peserta nantinya akan mengantongi sertifikat terakredetasi oleh Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP) dan BP3IP yang akan berguna untuk dunia kerja TKBM pelabuhan.

“Manfaat sertifikat tersebut bisa meningkatkan harga jual para pekerja bongkar muat di pelabuhan. Jadi dengan adanya sertifikat itu, para pekerja bongkar muat pelabuhan bisa naik kelas baik di dalam maupun luar negeri,” ujar Winarno dalam pidato sambutannya.

Merangkum testimoni dari pidato pembuka yang disampaikan, Ketua Umum Induk Koperasi TKBM, M. Nasir meyakini pelatihan pelatihan ini merupakan langkah kongkrit untuk mewujudkan profesionalisme TKBM di Pelabuhan.

“Perubahan regulasi dalam memberikan pelayanan bongkar muat di pelabuhan menuntut Koperasi TKBM Pelabuhan sebagai penyelenggara TKBM di Pelabuhan harus mampu menciptakan TKBM yang profesional dalam memberikan pelayanan,” yakin Nasir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelatihan Berkelanjutan

Menambahkan pernyataan Nasir, Agoes Budianto selaku Sekretaris Umum Induk Koperasi TKBM Pelabuhan memastikan, pihaknyaakan terus melakukan pelatihan senada secara berkelanjutan. Hal ini dilakukan sebagai langkah mempersiapkan TKBM yang profesionisme sesuai kebutuhan pengguna jasa di pelabuhan.

Sebagai informasi, pelatihan kali ini merupakan program pendidikan dan pelatihan yang telah menjadi program prioritas dalam rangka peningkatan kompetensi dan sertifikasi TKB di Pelabuhan. Acara ini dilaksanakan atas berkat kerjasama Induk Koperasi TKBM Pelabuhan dengan BP3IP dan PT. Retsan Cipta Sinergi yang diselenggarakan dari tanggal 25–27 Oktober 2022 di Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kemenhub adalah singkatan dari Kementerian Perhubungan, yang merupakan salah satu kementerian di Indonesia.

    kemenhub