Sukses

Banyak yang Bisa Dipelajari dan Dipetik dari Sosok Sabam Sirait

Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Sumatera Utara, Wira Putra menyebut, banyak yang bisa dipelajari oleh kaum muda terhadap sosok Sabam Sirait.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Sumatera Utara, Wira Putra menyebut, banyak yang bisa dipelajari oleh kaum muda terhadap sosok Sabam Sirait.

Hal tersebut disampaikannya dalam dialog publik dengan tema: 'Mengenang Perjuangan Sabam Sirait dalam Menyerukan Kemerdekaan Rakyat Palestina', Minggu (23/10/2022).

Salah satunya mengenai perjuangan Sabam yang konsisten menyerukan terhadap kemerdekaan rakyat Palestina. Menurutnya, ini bisa dipertik oleh generasi muda saat ini.

"Almarhum Ayahanda Sabam Sirait konsisten menyerukan kemerdekaan rakyat Palestina. Oleh karena itu, KAMMI Sumatera Utara merasa terharu atas nilai yang beliau titipan untuk bangsa ini," kata Wira.

Dia mengungkapkan, apa yang diperjuangkan Sabam Sirait sesuai dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, di mana kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, penjajahan harus dihapuskan dari dunia. Karenanya, Palestina wajib menerima haknya untuk merdeka.

"Ayahanda Sabam Sirait mengajarkan kita, bahwa asas kemanusiaan harus lebih tinggi dari kepentingan semua golongan," jelas Wira.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Hanya Palestina

Wira mengungkapkan, perjuangannya tak hanya Palestina. Sabam juga memprotes ketika Amerika Serikat menginvansi Iraq.

"Saya kira sudah sangat tepat jika ayahanda Sabam Sirait kita kenang sebagai Pahlawan Hak Asasi Manusia dan demokrasi," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.