Sukses

Hari Terakhir Anies Baswedan Jabat Gubernur: Mari Sambut Babak Berikutnya

Anies juga menyampaikan pandangan atas hasil kerjanya dengan Wagub DKI, Ahmad Riza Patria yang telah mengemban amanah menjalankan roda pemerintah Pemprov DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Anies Baswedan menyatakan bakal kembali melanjutkan babak baru kepemimpinan usai dirinya menuntaskan masa kepemimpinan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Hal itu disampaikan saat pidato di Balai Kota, Jakarta Pusat, Minggu (16/10).

"Saya tidak akan bicara panjang-panjang karena kerja untuk bangsa dan negara ini masih panjang ke depan, satu babak berakhir mari sambut babak berikutnya," kata Anies ketika pidato di atas podium.

Ucapan yang disambut dengan hiruk pikuk masyarakat yang hadir dengan sorakan "Anies Presiden", turut dibalas dengan pernyataan bakal kembali melanjutkan kepemimpinan di tingkat Indonesia.

Dimana diketahui jika Anies adalah sosok kandidat calon presiden (capres) 2024 yang telah diusung Partai NasDem pada beberapa waktu lalu.

"Karena kerja untuk menghadirkan keadilan sosial bukan hanya untuk Jakarta. Karena kerja untuk menghadirkan keadilan sosial adalah terus menerus karena kerja untuk Indonesia tak akan berhenti di tempat ini," ucap Anies.

Disamping itu, Anies juga menyampaikan pandangan atas hasil kerjanya dengan Wagub DKI, Ahmad Riza Patria yang telah mengemban amanah menjalankan roda pemerintah Pemprov DKI. 

"Biarkan karya itu  jadi bukti nyata. Tak perlu dikatakan di pidato ini, lihatlah kenyataan yang ada di Jakarta. Tunjukkan di sana kenyataan, kita tidak mengirimkan pernyataan kita kirimkan kenyataan," imbuhnya.

Selama berpidato, Anies yang disambut ucapan dukungan sebagai Calon Presiden 2024 itu, turut mengutarakan permintaan maaf dan ucapan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Jakarta terhadap dirinya yang telah memimpin Jakarta selama lima tahun.

"Saudara saudara yang saya cintai dan saya banggakan. Sebagai penutup izinkan saya pamit, kami datang tampak muka, kami pulang tampak punggung. semoga Allah merahmati kota Jakarta dan melindungi kita semua," tuturnya.

Dalam sambutan ini, Anies pun terlihat sempat memimpin masyarakat untuk menyanyikan sejumlah lagu yakni Berkibarlah Bendera Ku, dan Maju Tak Gentar.

Sekedar informasi jika pidato kali ini merupakan penyampaian terakhir Anies di Balai Kota sebagai Gubernur DKI Jakarta, sebelum dirinya lengser pada Senin (17/10/2022) besok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Testimoni Tukang Becak

Jelang masa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria. Sejumlah perwakilan elemen masyarakat pun turut mengucapkan terimakasih atas masa bakti kepemimpinan mereka.

Salah satunya, Perwakilan tukang becak Jakarta yang mengucapkan terimakasih kepada Anies Baswedan yang telah mengembalikan mata pencaharian mereka sebagai tukang becak di Ibu Kota.

"Kami hampir istilahnya kehilangan pencaharian, selama Bapak Anies menjabat di Pemprov DKI Jakarta, saya merasa tenang dan teman-teman merasa hak-hal tukang becak ini tidak direnggut seperti yang sudah-sudah," ujar seorang pria saat sambutan, di Balai Kota Jakarta Pusat, Minggu (16/10).

Dimana ucapan terimakasih itu setelah larangan Pasal 18 Perda No 11/1998 telah diatur ulang. Dan kembali membuat para tukang becak beroperasi kembali di wilayah Ibu Kota.

Lantas, dia yang mewakili komunitas becak se Jakarta di 16 kelurahan dengan jumlah anggota 1.685 anggota pun turut mendoakan Anies Baswedan bisa menjadi Presiden di tahun 2024 nanti.

"Mudah mudahan Bapak Anies ini dipanjangkan umurnya dan diberikan kesehatan. Menjadi RI 1. Satu pesan dari temen temen serikat becak jakarta, jangan sampai lupa lagi sama rakyat kecil Jakarta," imbuhnyam

"Tapi selama bapak menjabat alhamdulillah tidak diuber uber lagi karena kami sebagai pengayuh becak ini bukannya di jalan protokol pak. Bukannya dilarang oleh pemerintah tapi kami hanya beroperasi di kampung kampung," tambah dia.

Kegiatan Anies kali ini merupakan salah satu acara terakhirnya sebagai Gubernur DKI yang akan resmi berakhir 16 Oktober 2022, semenjak dilantik Presiden Joko Widodo pada 16 Oktober 2017.

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini