Sukses

Top 3 News: Gempa Bermagnitudo 5,5 di Banten Terasa hingga Jakarta dan Sukabumi

Gempa sekitar pukul 17.02 WIB terjadi pada Minggu 9 Oktober 2022 di wilayah Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait terjadinya gempa sekitar pukul 17.02 WIB pada Minggu 9 Oktober 2022 di wilayah Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Lindu itu menurut Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) berkekuatan magnitudo 5,5 dengan kedalaman 12 kilometer.

Namun rupanya, guncangan dirasakan pada sebagian wilayah Jakarta dan sekitarnya. Menurut beberapa pengakuan warga, guncangan terasa di daerah Kuningan, Jakarta Selatan hingga Pamulang, Tangerang Selatan.

Gempa yang terasa beberapa detik tersebut ternyata juga dirasakan di wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Kemudian, seorang mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bernisial TSR (18) tewas terjatuh dari lantai 11 salah satu hotel di kota pelajar tersebut, yaitu Hotel Porta Ambarukmo pada Sabtu 8 Oktober 2022.

Kapolsek Bulaksumur Kompol Sumanto memastikan mahasiswa UGM yang tewas terjatuh itu murni karena bunuh diri. Menurut dia, kesimpulan tersebut didapat setelah memeriksa sejumlah saksi dan hasil temuan polisi di tempat kejadian perkara (TKP).

Sumanto menjelaskan, saat memeriksa di lokasi kejadian, pihaknya mendapatkan surat terkait hasil pemeriksaan psikologi TSR dari Rumah Sakit JIH Sleman di dalam tas milik korban.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait angkat bicaranya Sekretaris Fraksi PKS di DPRD DKI M Taufik Zoelkifli soal banjir Jakarta.

Taufik menyebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sudah mengantisipasi banjir Jakarta. Hanya saja, kata dia, curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini membuat Pemprov kecolongan.

Selain itu, Taufik menegaskan, deklarasi calon presiden terhadap Anies Baswedan oleh Partai NasDem tak mempengaruhi kinerjanya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Apalagi, menurut dia, saat deklarasi Anies meminta izin untuk menyelesaikan pekerjaan di DKI sebelum fokus menuju 2024.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 9 Oktober 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gempa Banten Magnitudo 5,5 Terasa hingga Jakarta dan Sukabumi

Sebuah guncangan gempa terjadi pada Minggu 9 Oktober 2022 pukul 17.02 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa berkekuatan magnitudo 5,5 itu terjadi di Provinsi Banten.

Pusat gempa berada di 26 KM barat daya Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten dengan kedalaman 12 kilometer.

Guncangan dirasakan pada sebagian wilayah Jakarta dan sekitarnya. Menurut beberapa pengakuan warga, guncangan terasa di daerah Kuningan, Jakarta Selatan hingga Pamulang, Tangerang Selatan.

"Iya gempa terasa sebentar kayak ada truk lewat," kata Fatiha, salah satu warga Jakarta Timur kepada Liputan6.com, Minggu sore.

 

Selengkapnya... 

3 dari 4 halaman

2. Polisi Pastikan Mahasiswa UGM Jatuh dari Lantai 11 Hotel Porta Yogyakarta Murni Bunuh Diri

Seorang mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bernisial TSR (18) tewas terjatuh dari lantai 11 salah satu hotel di kota pelajar tersebut, yaitu Hotel Porta Ambarukmo.

Polsek Bulaksumur, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pun memastikan mahasiswa UGM yang tewas terjatuh itu murni karena bunuh diri.

Menurut Kapolsek Bulaksumur Kompol Sumanto, kesimpulan tersebut didapat setelah memeriksa sejumlah saksi dan hasil temuan polisi di tempat kejadian perkara (TKP).

"Bunuh diri, memang ada surat gangguan psikologis korban," ujar Sumanto saat dikonfirmasi di Yogyakarta, melansir Antara, Minggu 9 Oktober 2022.

Saat memeriksa di lokasi kejadian, Sumanto mengatakan polisi mendapatkan surat terkait hasil pemeriksaan psikologi TSR dari Rumah Sakit JIH Sleman di dalam tas milik korban.

 

Selengkapnya... 

4 dari 4 halaman

3. Anies Disebut Kecolongan Soal Banjir Jakarta, Tak Ada Kaitan dengan Deklarasi Capres

Sekretaris Fraksi PKS di DPRD DKI M Taufik Zoelkifli menyebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sudah mengantisipasi banjir Jakarta. Hanya saja, curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini membuat Pemprov kecolongan.

"Persiapan Pemprov menghadapi banjir sudah dilakukan jauh hari oleh dinas atau instansi terkait. Tapi curah hujan kemarin agak di luar kebiasaan sehingga Pemprov agak kecolongan," ujar Taufik dalam keterangannya, Minggu 9 Oktober 2022.

Menurut dia, banyak yang harus dipikirkan dalam mengurus kota sebesar DKI Jakarta. Permasalahan di DKI bukan hanya soal banjir saja.

"Yang harus dikerjakan untuk mengurus kota sebesar Jakarta cukup banyak. Harus multi fokus. Selain banjir, ada banyak masalah lain seperti kemacetan, polusi udara, ketahanan ekonomi warga Jakarta menghadapi kenaikan harga-harga perumahan, UMKM, dan lainnya," kata dia.

Taufik menyebut, deklarasi calon presiden terhadap Anies oleh Partai Nasdem tak mempengaruhi kinerja Anies di DKI Jakarta. Apalagi, saat deklarasi Anies meminta izin untuk menyelesaikan pekerjaan di DKI sebelum fokus menuju 2024.

 

Selengkapnya... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.