Sukses

Menpan-RB: Sudah Jadi Keharusan Anak Bangsa Pegang Teguh Ideologi Pancasila

Liputan6.com, Jakarta - MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas menyampaikan, sudah menjadi keharusan bagi anak bangsa dan aparatur sipil negara untuk memegang teguh ideologi Pancasila.

"(Sejarah, termasuk Hari Kesaktian Pancasila) menjadi bekal anak muda Indonesia untuk menghadapi dinamika kebangsaan, dan sudah menjadi sebuah keharusan bagi para anak bangsa termasuk ASN untuk memegang teguh ideologi Pancasila," kata Menteri Abdullah Azwar Anas dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (1/10/2022).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober diharapkan dapat mengenang dan menjadi referensi sejarah bagi pemuda pemudi bangsa Indonesia.

“Dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, semua dan para pemuda punya referensi sejarah dan terus akan dijadikan panduan untuk menghadapi dinamika kebangsaan,” kata dia. Dilansir dari Antara.

Sebagian besar pemuda telah paham akan sejarah bangsanya sendiri. Namun demikian, seluruh pihak dapat mengingat sejarah perjuangan para pahlawan, termasuk saat melawan rongrongan ideologi dan beragam pemberontakan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan pesan tersebut usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Sabtu.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Upacara Dipimpin Jokowi

Upacara Peringatan Hari Kesaktian di Monumen Pancasila Sakti dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara, mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

Upacara diikuti oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Wury Ma’ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, para menteri Kabinet Indonesia Maju, serta para pimpinan lembaga negara lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.