Sukses

Jokowi Akan Kirim Nakes ke Pakistan untuk Bantu Warga Terdampak Banjir

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa uang senilai USD 1 juta dan barang untuk korban banjir di Pakistan.

Dia juga akan mengirimkan tenaga kesehatan (nakes) ke Pakistan untuk memberikan bantuan pelayanan medis kepada warga terdampak banjir.

Hal ini disampaikannya saat melepas bantuan kemanusiaan untuk korban banjir Pakistan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Senin (26/9/2022). Adapun bantuan dikirim dengan menggunakan dua pesawat.

"Kita juga tengah menyiapkan bantuan berupa nakes yang nantinya segera akan dikirimkan untuk memberikan pelayanan medis kepada warga Pakistan yang terdampak bencana," kata Jokowi, Senin.

Selain bantuan dana tunai dan barang, kata dia, pemerintah Indonesia juga akan mengirimkan kebutuhan-kebutuhan dasar. Mulai dari, tenda, pakaian, selimut, kantor tidur, generator, serta obat-obatan dan bahan medis.

"Saya berharap bantuan ini dapat membantu saudara-saudara kita di Pakistan sehingga segera dapat pulih dan beraktivitas kembali," ujarnya.

Jokowi pun menyampaikan duka cita yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa akibat bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Pakistan. Total ada sekitar 800.000 ribu warga yang harus mengungsi akibat bencana tersebut.

"Bencana banjir dan tanah longsor di Pakistan juga menimbulkan dampak yang luas bagi rakyat Pakistan, mulai kerusakan lahan pertanian, kerusakan sekolah dan juga infrastruktur serta memaksa kurang lebih 800.000 orang mengungsi," jelas Jokowi.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Telah Memadai

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto memastikan kualitas dan kuantitas bantuan logistik untuk korban banjir di Pakistan telah memadai sesuai kebutuhan.

"Saya sudah melihat bahwa seluruh barang yang akan diberikan telah memadai dan sesuai dengan kebutuhan," ujar Suharyanto melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu 24 September 2022.

 

3 dari 3 halaman

Kirim Bantuan

Suharyanto meminta kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses distribusi dan pengiriman bantuan untuk selalu memperhatikan kondisi barang secara detil. Termasuk, jumlahnya agar tidak kelebihan muatan dan tetap terjaga kualitasnya.

Pemerintah Indonesia melalui BNPB mengirimkan bantuan logistik dan peralatan kepada Pemerintah Pakistan untuk mendukung upaya percepatan penanganan banjir bandang yang telah merenggut nyawa lebih dari 1.000 jiwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir
  • Pakistan
  • Nakes