Sukses

Top 3 News: LPSK Beberkan Kejanggalan Pelecehan Seksual Putri Candrawathi

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) angkat bicara soal hasil penyelidikan dan rekomendasi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) atas kasus kematian Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat di rumah dinas Ferdy Sambo.

Menurut Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu, salah satu hal yang disorot pihaknya yakni terkait temuan dugaan pelecehan sekual yang dialami istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi di Magelang, Jawa Tengah.

Edwin meragukan tuduhan yang menyatakan Brigadir J melakukan pelecehan seksual terhadap Putri Candrawathi. Sebab, menurut dia, masih ada asisten rumah tangga Ferdy Sambo yakni Kuat Ma'ruf dan Susi di lokasi saat dugaan perbuatan asusila di Magelang terjadi.

Kemudian, dugaan motif kasus pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat masih menyimpan tanda tanya meski sejumlah pihak dalam kasus ini telah menyebut adanya tindakan pelecehan dialami Putri Candrawathi.

Namun, apa yang terjadi sebenarnya di Magelang, ternyata tidak dapat diselidiki melalui rekaman CCTV sebagaimana yang terjadi di rumah pribadi Sambo, Jalan Saguling dan rumah dinas, Duren Tiga.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Andi Rian Djajadi mengatakan, hal itu lantaran tidak ditemukannya rekaman CCTV.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah pernyataan Menteri Sosial Tri Rismaharini soal pemerintah sudah siap menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi BBM kepada 18,4 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dari total 20,6 juta KPM.

Risma mengatakan, BLT BBM akan diberikan sebanyak empat kali dengan masing-masing pemberian sebesar Rp 150 ribu. Pemberian BLT BBM dalam dua tahap dari empat kali penyaluran sehingga KPM akan menerima Rp300 ribu setiap tahapnya.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 4 September 2022:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

1. LPSK Ungkap 6 Kejanggalan Pelecehan Seksual Putri Candrawathi di Magelang

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menanggapi hasil penyelidikan dan rekomendasi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) atas kasus kematian Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat di rumah dinas Ferdy Sambo.

Salah satu yang disorot LPSK yakni terkait temuan dugaan pelecehan sekual yang dialami istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi di Magelang, Jawa Tengah.

"Ada 7 kejanggalan atas dugaan peristiwa asusila atau pelecehan seksual di Magelang. Tapi saya hanya bisa sebutkan 6," kata Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu saat dihubungi, Minggu 4 September 2022.

Edwin meragukan tuduhan yang menyatakan Brigadir J melakukan pelecehan seksual terhadap Putri Candrawathi.

Sebab, menurut dia, masih ada asisten rumah tangga Ferdy Sambo yakni Kuat Ma'ruf dan Susi di lokasi saat dugaan perbuatan asusila di Magelang terjadi. Sehingga kecil kemungkinan terjadi peristiwa dugaan pelecehan seksual atau kekerasan seksual.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Soal Kejadian Dugaan Pelecehan Putri Candrawathi di Magelang, Polri: Tidak Ada CCTV

Dugaan Motif kasus pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat masih menyimpan tanda tanya, meskipun sejumlah pihak dalam kasus ini telah menyebut adanya tindakan pelecehan dialami Putri Candrawathi, Istri Ferdy Sambo jadi motif dibalik kasus pembunuhan berencana.

Tindakan pelecehan itu sebagaimana diketahui terjadi pada 7 Juli 2022 lalu di Magelang, Jawa Tengah yang disebut menjadi pemicu amarah dari Mantan Kadiv Propam, Irjen Ferdy Sambo sampai berujung pembunuhan berencana pada 8 Juli 2022 di Rumah Dinas, Komplek Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Namun demikian apa yang terjadi sebenarnya di Magelang, ternyata tidak dapat diselidiki melalui rekaman CCTV sebagaimana yang terjadi di rumah pribadi Sambo, Jalan Saguling dan rumah dinas, Duren Tiga. Hal itu lantaran tidak ditemukannya rekaman CCTV.

"Tidak ada CCTV di rumah Magelang," Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Pol. Andi Rian Djajadi saat dikonfirmasi, dikutip, Minggu 4 September 2022.

Kendati demikian terkait bagaimana pihak kepolisian membuktikan kejadian apa yang terjadi sebenarnya di Magelang, Andi belum merespon pertanyaan tersebut. Termasuk, proses pembuktian dugaan pelecehan dan langkah selanjutnya dalam proses penyidikan guna mengungkap motif.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Mensos Soal BLT BBM: Sudah Siap Disalurkan untuk 18,4 Juta Penerima

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pemerintah sudah siap menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi BBM kepada 18,4 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dari total 20,6 juta KPM.

"Dari rencana 20,6 juta KPM itu, sudah siap salur di PT Pos Indonesia 18.486.756 KPM. Sisanya sedang proses cleansing (koreksi data) karena seperti kita ketahui, misalnya kita mengumumkan hari ini, jam ini, 1 jam atau beberapa menit kemudian ada (potensi penerima) yang meninggal. Jadi, kami perlu mendata lagi, masih ada 313.244 KPM," kata Risma di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu.

BLT BBM, kata Risma, akan diberikan sebanyak empat kali dengan masing-masing pemberian sebesar Rp150 ribu. Pemberian BLT BBM dalam dua tahap dari empat kali penyaluran sehingga KPM akan menerima Rp300 ribu setiap tahapnya.

"Kami berikan per September ini (tahap pertama) dan di awal Desember kami berikan yang kedua," katanya.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.