Sukses

Anies Titip Pesan Persatuan Usai Resmikan 2 Gereja di Jakarta Utara

Anies menitipkan pesan persatuan dan kesetaraan kepada jemaat di kedua rumah ibadah.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan dua gereja di Jakarta Utara. Dua gereja itu yakni, Gereja Bhetel Indonesia (GBI) Jelambar Timur dan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Jemaat Yordan Gading Griya Lestari di Cilincing, Sabtu (3/9/2022).

Pada peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti tersebut, Anies menitipkan pesan persatuan dan kesetaraan kepada jemaat di kedua rumah ibadah.

Pasalnya, peresmian kedua gereja turut dihadiri sejumlah elemen masyarakat, seperti Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, dan tokoh masyarakat Jakarta Utara.

"Dan ini adalah sebuah bagian dari pesan kita bahwa di Jakarta ada kesetaraan, di Jakarta ada persatuan. Nah untuk maju ke depan kita sering menyebut istilah toleransi, kita jaga toleransi itu," kata Anies.

Anies juga berharap persatuan dan toleransi atas keberagaman di Jakarta juga dapat diterapkan di semua aspek. Menurut dia, jika dilakukan bersama-sama dampaknya akan semakin besar.

"Jadi kami berharap ini dijalankan di semua aspek. Ketika itu dibangun sama-sama maka dampaknya luar biasa dan saya percaya," ujar Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Titip Pesan kepada Pendeta dan Jemaat

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu pun titip pesan pada pendeta dan jemaat di kedua rumah ibadah agar dapat menghadirkan suasana kerukunan. Dia ingin rumah ibadah menjadi contoh baik hidup bersama dalam perbedaan.

"Ini nantinya akan bisa menjadi gambaran bagaimana kita hidup bersama, sekali lagi bersatu itu yang kita tunjukkan dan ini yang kita lakukan," ucap Anies.

Anies berujar itulah yang tengah coba diupayakan Pemprov DKI Jakarta dalam beberapa tahun terakhir. Dia ingin rumah ibadah tak hanya jadi tempat menghubungkan jemaat dan tuhannya, tapi juga menghubungkan antar sesama manusia.

"Tapi dia juga menjadi tempat di mana kita bisa terhubungkan dengan sesama, ciptaannya dan inilah yang kita bangun bersama-sama di Jakarta," kata Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.