Sukses

5 Tersangka Hadir Langsung Saat Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J di Kediaman Ferdy Sambo

Pada hari ini, Selasa (30/8/2022) akan dilaksankakan rekonstruksi pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat di kediaman tersangka Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, Selasa (30/8/2022) akan dilaksanakan rekonstruksi pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat di kediaman tersangka Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo memastikan, tersangka Bharada E yang juga merupakan mantan anak buah Ferdy Sambo akan hadir saat rekonstruksi.

Seperti diketahui, polisi telah menetapkan 5 orang tersangka pada kasus pembunuhan Brigadir J, yakni Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kuat Maruf atau KM Brigadir Ricky Rizal atau Brigadir RR.

"Hadir semua, sudah diperhitungkan penyidik dan JPU," ujar Dedi di lokasi Jalan Saguling III, Duren Tiga Barat, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022).

Menurut Dedi, selain para tersangka, akan hadir pula saat rekonstruksi pengacara dan 10 JPU serta pihak eksternal.

"Pengawas eksternal Komnas HAM dan Kompolnas akan lihat adegan per adegan," ucap dia.

Dedi menegaskan, keseluruhannya akan hadir langsung atau tatap muka. Untuk Bharada E akan dilakukan penanganan khusus.

"Iya (semua tersangka hadir) akan rekonstruksikan seluruh kegiatan yang terjadi," kata Dedi.

Sebelumnya, Tim khusus (timsus) Polri dijadwalkan menggelar rekonstruksi pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. Sejumlah Anggota Brimob pun menjaga ketat kediaman pribadi Irjen Ferdy Sambo di Jalan Saguling III, Duren Tiga Barat, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022).

Pantauan di lapangan, satu unit mobil taktis terpakir di pelataran kediaman pribadi Irjen Ferdy Sambo.

Sementara di depan berdiri tiga anggota Brimob mengenakan baju PDL loreng dengan menenteng senjata laras panjang. Mereka membuat barikade.

Awak media dilarang mendekat ke kediaman pribadi Ferdy Sambo. Mereka hanya diizinkan mengambil gambar dari jarak 50 meter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pakai Rompi Tahanan

Lima orang tersangka yakni Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kuat Maruf atau KM Brigadir Ricky Rizal atau Brigadir RR akan dihadirkan pada reka ulang atau rekonstruksi hari ini.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi memastikan empat dari lima tersangka mengenakan rompi tahanan.

"Empat tersangka berstatus tahanan akan menggunakan baju tahanan," tutur dia kepada wartawan soal rekonstruksi pembunuhan Brigadir J, Jakarta, Senin (29/8/2022).

Sementara itu, tersangka atas nama Putri Candrawathi tidak mengenakan rompi lantaran belum berstatus sebagai tahanan.

"PC bukan tahanan," kata Andi.

 

3 dari 3 halaman

Kapolri Pastikan Rekonstruksi Berjalan Transparan

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan pelaksanaan rekonstruksi kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J di Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan akan berjalan secara transparan. Adapun Timsus Polri telah menjadwalkan agenda tersebut pada Selasa, 30 Agustus 2022.

"Semuanya transparan tidak ada yang kita tutupi. Kita proses sesuai dengan fakta dan itu janji kita," tutur Kapolri Listyo di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu 28 Agustus 2022.

Listyo enggan merinci terkait mekanisme pelaksanaan rekonstruksi tersebut. Yang pasti, kelima tersangka yakni Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuwat Ma'ruf akan turut dihadirkan dalam proses rekonstruksi.

"Itu teknis ya itu, biar diserahkan ke penyidik. Yang penting saya doakan kalau kita semua tetap seperti komitmen kita," kata Listyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.