Sukses

PSI: Ada Tanda Alam ke KPU Bareng KIB

Liputan6.com, Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sudah mendaftar ke KPU RI sebagai peserta Pemilu hari ini, Rabu (10/8/2022). Sekretaris Dewan Pembina Raja Juli Antoni menyatakan, ada tanda-tanda alam pihaknya mendaftar di hari yang sama dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Apa tanda-tanda alam ini bareng KIB? Kita belum putuskan (koalisi), tapi sepertinya ada tanda alam,” kata Juli di Gedung KPU RI, Rabu (10/8/2022).

Meski demikian, Juli mengaku pihaknya belum mengambil keputusan final dengan siapa akan berkoalisi. “Kami belum ambil keputusan untuk koalisi,” kata dia

Juli mengaku pihaknya berkomunikasi dengan semua parpol, hanya PKS saja yang belum. “Komunikasi politik selalu kami jalankan dengan parpol manapun,” kata dia

Sebelumnya, pimpinan DPP akan hadir langsung ke KPU sekitar pukul 09.00 WIB. “Semua hadir ke KPU, komplit,” kata Juli saat dikonfirmasi, Rabu.

Pantauan Liputan6.com, masa pendukung dan kader PSI telah berkumpul di depan Gedung KPU. Mengenakan kaos bernuansa merah. Mereka menyetel musik dangdut dan berjoget bersama. “Sikat joget,” kata salah satu peserta.

Mereka juga meneriakkan PSI akan menjadi pemenang di Pemilu 2024. Suara lantang mereka terdengar hingga dalam KPU. “PSI menang, menang,” teriak mereka.

Diketahui, selain PSI, partai dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) juga akan mendaftar hari ini. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi memastikan ketiga ketua umum partai dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan hadir langsung untuk mendaftarka partai mereka sebagai calon peserta pemilu ke KPU pada Rabu (10/8/2022).

“Bang Zulkifli Hasan, Pak Airlangga Hartarto, dan Bang Suharso Munoarfa akan hadir langsung mendaftarkan partainya masing-masing ke KPU RI Kita Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) kompak daftar bareng ke KPU,” kata Viva saat dikonfirmasi, Selasa (9/8/20222).

Menurut Viva, kehadiran KIB bersama-sama lantaran ingin menunjukkan kekompakan tidak hanya bagi Pilpres melainkan juga Pilkada 2024. “Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa koalisi di KIB adalah koalisi sepenuh hati, kompak, solid. Bukan hanya untuk pilpres 2024, tetapi akan berlanjut sampai di Pilkada bulan November 2024,” kata dia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

KIB Daftar Hari Ini

 

Tiga Partai koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Golkar, PAN, dan PPP menghelat pawai kedatangan ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024. Pantauan di lokasi pukul 09.15 WIB, Rabu, (10/8/2022) ratusan massa sudah berkumpul di persimpangan Graha Mandiri di Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat.

Akibat adanya pawai ini, polisi lalu lintas melakukan diskresi dengan menutup akses Jalan Imam Bonjol yang mengarah ke Bundaran Hotel Indonesia. Namun untuk arah sebaliknya, lalu lintas masih dibuka normal tanpa kemacetan.

Rencananya, KIB akan tiba di Kantor KPU pada pukul 10.00 WIB. Pawai KIB sendiri berisi dengan marching band, Reog Ponorogo dan atraksi enggrang.

Diketahui, pendaftaran partai politik menjadi calon peserta Pemilu 2024 adalah hal wajib yang dilakukan sebagai langkah pertama. Usai melakukan pendaftaran, partai-partai tersebut akan diperiksa kelengkapan dokumen yang dibawanya dengan data yang sudah diunggah di Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Usai data dan dokumen dinyatakan lengkap oleh KPU, partai-partai akan menjalankan proses verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Kedua verifikasi ini adalah hal yang wajib kedua yang dilakukan partai sebelum sah menyandang status peserta Pemilu 2024.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS