Sukses

Sejarah Singkat Ras Melanesia Hingga Ciri-Cirinya

Liputan6.com, Jakarta - Melanesia saat ini tengah ramai diperbincangkan di sosial media (sosmed). Bahkan Ras Melanesia menjadi trending di mesin pencarian Google dan media sosial (medsos) Twitter pada hari ini, Selasa (5/7/2022).

Melansir Wikipedia, Melanesia berasal dari bahasa Yunani yang artinya Pulau Hitam atau secara harfiah, Melanesia berasal dari bahasa Yunani 'melano' yang berarti hitam dan 'soid' yang berarti penampilan.

Namun secara istilah, Ras Melanesia atau Ras Melanesoid adalah sekelompok atau golongan orang yang berpenampilan hitam.

Secara geografis, Melanesia adalah gugus kepulauan yang memanjang dari kepulauan Nusa Tenggara Timur (NTT) di Indonesia, lalu ke timur sampai Pasifik bagian barat, serta utara dan timur laut Australia.

"Istilah Melanesia pertama kali digunakan oleh penjelajah Prancis bernama Jules Dumont d'Urville pada 1832 untuk menunjuk ke sebuah kelompok etnis dan pengelompokan pulau-pulau yang berbeda dari Polinesia dan Mikronesia," terang Wikipedia dikutip Liputan6.com, Selasa (5/7/2022).

Sekarang ini, klasifikasi 'rasial' Dumont d'Urville dianggap tidak tepat, sebab menutupi keragaman budaya, linguistik, dan genetik Melanesia dan kini hanya digunakan untuk penamaan geografis saja.

Lantas, dimanakah sebenarnya keberadaan Ras Melanesia?

Gugus kepulauan Melanesia berbatasan dengan kawasan Indonesia di sebelah barat, Australia di sebelah barat daya dan selatan, dan Selandia Baru di sebelah tenggara. Kemudian Kepulauan Polinesia di sebelah timur dan timur laut, serta Kepulauan Mikronesia di sebelah utara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Negara-Negara Kepulauan Melanesia

Berikut negara-negara yang termasuk ke dalam Kepulauan Melanesia:

1. Indonesia (Indonesia Timur: Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Maluku, Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua).

2. Timor Leste

3. Papua Nugini

4. Kepulauan Solomon

5. Kaledonia Baru

6. Vanuatu

7. Fiji

Sebagai tambahan, negara Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Kaledonia Baru (yang merupakan dependensi Prancis), Vanuatu dan Fiji menggunakan istilah ini untuk menggambarkan diri mereka sendiri karena mencerminkan sejarah kolonial bangsa-bangsa Eropa dan situasi regional umum di kepulauan Pasifik sebagai ras Melanesia.

 

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Melanesia

Di Indonesia, Ras Melanesia banyak menempati wilayah Papua, Kai, dan Pulau Aru. Ciri fisiknya terlihat jelas dari penampilan mereka yang meliputi bentuk dan warna rambut, warna kulit, bentuk mata, dan bentuk tubuh.

Dikutip dari Buku Pengayaan Mapel PPKN Kelas IX SMP/MTs karya Dianatul Khuro (2022), berikut ciri-ciri Ras Melanesia:

1. Memiliki warna kulit hitam,

2. Rambut hitam dan keriting,

3. Memiliki bibir yang tebal,

4. Postur tubuh tegak dan kekar,

5. Hidung melebar dan pesek,

6. Mempunyai tinggi badan rata-rata 160-170 cm,

Penyebaran ras melanesia meliputi Papua dan sekitarnya seperti Papua Nugini, Bismarck, Solomon, New Caledonia, Vanuatu, dan Fiji. Di Indonesia, populasi Ras Melanesia termasuk paling banyak, yakni sekitar 70 persen.

Ras Melanesia memiliki tampilan fisik yang khas dan berbeda dari ras lainnya.