Sukses

PAN Sebut Eddy Soeparno Pengganti Zulhas sebagai Pimpinan MPR

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan melakukan reshuffle kabinet pada Rabu, (15/6/2022) sekitar pukul 14.00 WIB di Istana Negara Jakarta.

Informasi yang didapat Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) akan mengisi posisi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan posisi M. Lutfi.

Menanggapi soal pelantikan Zulhas menjadi Mendag, Ketua DPP PAN, Pangeran Khairul Saleh, menyebut Zulhas telah siap untuk dilantik.

"Bang Zul sudah berangkat ke istana, infonya Mendag. Tapi kita enggak tahu, belum pasti kan belum dilantik bisa saja berubah per detik," kata Pangeran di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (15/6/2022).

Meski demikian, Pangeran menyebut pengganti Zulhas di kursi Wakil Ketua MPR telah disiapkan Zulhas.

"Sudah disiapin, pasti lah. Kalau beliau sudah jadi menteri nanti ditunjuk beliau penggantinya,” kata dia.

Menurut Pangeran, salah satu calon pengganti Zulhas di MPR adalah Sekjen PAN Eddy Soeparno.

“Mungkin salah satunya (Eddy). Tapi semua terserah ketum,” pungkas dia.

 

 

2 dari 2 halaman

Lantik 3 Wamen

Sebelumnya, sumber Liputan6.com juga menyebut Mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga akan masuk ke kabinet dengan jabatan Menteri Agararia dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional. Dia menggantikan Sofyan Djalil.

"Mendag Pak Zul sebagai (Zulkifli Hasan). Pak Hadi sebagai Menteri ATR," ucap dia.

Jokowi juga dikabarkan melantik tiga wakil menteri. Namun, belum diketahui siapa saja tokoh yang akan dilantik menjadi wakil menteri.

"Wakil menteri (yang dilantik) tiga," ujar sumber tersebut.