Sukses

Tiba di Bandara Soetta Jemput Jenazah Eril, Ridwan Kamil Membungkuk dan Lambaikan Tangan

Jenazah anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril telah tiba di Indonesia usai diterbangkan dari Kota Bern, Swiss sejak Sabtu 11 Juni 2022 waktu setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril telah tiba di Indonesia usai diterbangkan dari Kota Bern, Swiss pada Sabtu 11 Juni 2022 waktu setempat.

Sang ayah, Ridwan Kamil, bersama keluarga tiba sekitar pukul 15.30, Minggu (12/6/2022) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten.

Seperti diketahui, Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022 pagi setelah dinyatakan hilang terbawa arus di Sungai Aare, Kamis 26 Mei 2022.

Ridwan Kamil pun saat ini sudah terlihat berada di Cargo Jenazah Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten. Dengan mengenakan celana dan jas hitam, Ridwan Kamil sempat membungkuk seperti menyampaikan rasa terima kasih.

Ridwan Kamil juga melambaikan tangan kepada awak media yang hadir di lokasi, namun tidak memberikan pernyataan apapun.

Setelah itu, Ridwan Kamil langsung masuk ke dalam Cargo Jenazah Bandara Soekarno-Hatta untuk selanjutnya melakukan prosesi penyerahan jenazah Eril.

Prosesi serah terima jenazah dari pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) ke pihak keluarga yang berlangsung selama kurang lebih 30 sampai 45 menit.

Usai sudah diterima keluarga, jenazah Eril bersama keluarga langsung berangkat ke Bandung, Jawa Barat. Jenazah Eril langsung dibawa ke Gedung Pakuan, Bandung untuk disalatkan oleh pihak keluarga.

Setelahnya sekitar pukul 23.00 WIB, masyarakat diizinkan melakukan prosesi salat jenazah untuk Eril.

Sebelumnya, istri Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Atalia Praratya atau ibunda Eril tiba di Kargo Jenazah Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Minggu (12/6/2022).

Sesaat tiba di Terminal Kargo Jenazah, Atalia dan rombongan keluarga lainnya, langsung menumpang bus yang disiapkan PT Angkasa Pura II, untuk menjemput jenazah sang putra, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Terminal 3.

Saat tiba, Atalia Praratya mengenakan pakaian dan kerudung serba hitam. Dia tak mengeluarkan perkataan apapun, dan langsung naik ke atas bus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Ada Perlakuan Khusus

Keluarga memastikan, bila jenazah Eril tidak diperlakukan istimewa ataupun khusus. Sama seperti kedatangan jenazah WNI lainnya dari luar negeri, begitu juga jenazah Eril akan menjalani proses serupa di Terminal Kargo Jenazah.

Hal tersebut diungkapkan kakak kandung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman di Kargo Jenazah Bandara Soetta, Minggu (12/6/2022).

"Menginformasikan ketibaan rombongan, saat ini sudah berangkat dari Doha dan perkiraan waktu ketibaan 15.45 Wib. Nah setibanya di tanah air, rombongan dan jenazah akan dibawa ke sini, ke lokasi kargo jenazah human remains transit lounge sebagaimana WNI wafat di luar negeri," tutur Erwin kepada awak media.

Sementara itu, Satlantas Polrestabes Bandung memastikan tidak ada rekayasa arus lalu lintas (lalin) penutupan jalan saat pengawalan kedatangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak Ridwan Kamil, Minggu (12/6/2022). Rekayasa lalin hanya bersifat situasional.

Perlu diketahui, jenazah putra sulung Ridwan Kamil dijadwalkan tiba di Tanah Air pada pukul 15.45 WIB, Minggu (12/6/2022). Setibanya di Bandara Soekarno Hatta, jenazah Eril langsung dibawa ke Bandung menggunakan jalur darat dan tiba di Gedung Pakuan pada pukul 22.00 WIB.

"Tidak ada pengalihan arus ketika rombongan pembawa jenazah datang ke bandung menuju Gedung Pakuan," ucap Kasatlantas Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Besar Ariek Indra Sentanu.

 

3 dari 3 halaman

Polisi Lakukan Pengawalan

Ariek menerangkan, rombongan keluarga Ridwan Kamil diperkirakan memasuki wilayah Bandung melalui GT Pasteur sekitar pukul 19.00 WIB. Saat rombongan memasuki wilayah Bandung, petugas lalu lintas sudah menyiapkan personel di sepanjang jalur.

"Kami dari Satlantas Polrestabes Bandung dan Polsek Sukajadi serta Cicendo akan menempatkan anggota di beberapa ruas jalan untuk melakukan pengamanan jalur dari Pasteur hingga ke Gedung Pakuan," ujarnya.

"Informasi rombongan yang membawa jenazah akan menuju Rumah Dinas Gedung Pakuan menggunakan jalur darat," kata Ariek menambahkan.

Ariek menuturkan, selain pengawalan kedatangan jenazah, pihaknya akan mengawal pemberangkatan jenazah ke tempat pemakaman di Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin 13 Juni 2022.

Iring-iringan akan menggunakan rute Gedung Pakuan, Wastukencana, Tol Pasteur, Tol Soroja, hingga Cimaung.

"Untuk besok, kita lakukan pengawalan ke pemakaman," tutur Ariek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.