Sukses

Megawati Hadiri Pelantikan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol

Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri hadiri prosesi pelantikan Presiden Korea Selatan (Korsel) yang baru, Yoon Suk Yeol, pada Selasa (10/5/2022) waktu setempat.

Liputan6.com, Jakarta Presiden RI Kelima yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri hadiri prosesi pelantikan Presiden Korea Selatan (Korsel) yang baru, Yoon Suk Yeol, pada Selasa (10/5/2022) waktu setempat.

Pelantikan Presiden Yoon sendiri dilakukan di plaza depan Gedung Parlemen Korsel di Kota Seoul. Megawati hadir ke lokasi itu dari tempat penginapan di Lotte Hotel Seoul, dengan iring-iringan protokol tamu negara. Megawati memakai baju kebaya berwarna merah.

Megawati duduk di deretan kursi bagian depan. Bersamanya adalah Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan, Presiden Singapura Halimah Yacob, Presiden Afrika Tengah Faustin-Archange Touadéra, Mantan PM Jepang Yukio Hatoyama, serta Douglas Emhoff, suami Kamala Harris yang merupakan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS).

Touadéra berada di sebelah kanan Megawati, sementara Emhoff di sisi kirinya. Deretan kursi Megawati dan yang lainnya itu diapit atau berada diantara kursi yang diduduki oleh Presiden Yoon dan istri, serta kursi yang ditempati mantan Presiden Moon Jae In dan istri.

Saat memasuki lokasi pelantikan, Megawati melambaikan tangan ke arah sekitar 40 ribu warga dan pejabat Korsel yang mengikuti langsung prosesi pelantikan, yang hadir di halaman Gedung Parlemen tersebut.

Tepat sekitar pukul 11.00 siang waktu setempat, acara pelantikan Presiden Yoon dimulai. Tampak sang presiden berkeliling memberi salam kepada para tamu dan undangan, termasuk kepada Megawati.

Dalam pidatonya, Presiden Yoon menyampaikan salam kepada para tamu kehormatan yang hadir, termasuk kepada Megawati.

“Saya juga sangat berterima kasih kepada Yang Mulia Ibu Diah Permata Megawati Soekarnoputri, yang datang dari luar negeri untuk merayakan kesempatan ini dan tamu-tamu terhormat lainnya atas kehadiran mereka,” kata Presiden Yoon.

Di dalam pidatonya, Presiden Yoon bicara berbagai isu. Dari masalah domestik Korea, pandemi covid, hingga isu global termasuk mengenai hubungan dengan Korea Utara. Presiden Yoon berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan dengan Korea Utara dengan mengedepankan perdamaian.

Usai pelantikan, Megawati dan rombongan kembali ke tempat istirahat. Dijadwalkan pada sore hari, Megawati menghadiri perjamuan makan malam yang diadakan oleh Presiden Yoon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Presiden Baru Korea Selatan Akan Bersikap Keras terhadap Korea Utara

Presiden baru Korea Selatan yang agresif akan dilantik pada hari Selasa (10 Mei), dan dia tampaknya akan bersikap keras dengan Korea Utara, berangkat dari apa yang dia sebut pendekatan "tunduk" dari pendahulunya.

Selama lima tahun terakhir, Seoul telah mengejar kebijakan keterlibatan dengan Korea Utara, menengahi pertemuan puncak antara Kim Jong Un dan presiden AS Donald Trump sambil mengurangi latihan militer gabungan AS yang dilihat Pyongyang sebagai provokatif.

Tetapi pembicaraan gagal pada 2019 dan telah merana sejak itu, sementara Korea Utara yang bersenjata nuklir telah secara dramatis meningkatkan uji coba senjata, melakukan 14 sejauh tahun ini, termasuk peluncuran rudal balistik antarbenua terbesar yang pernah ada.

Tidak seperti Presiden Moon Jae-in yang akan menghabiskan masa jabatannya, yang melihat Korea Utara sebagai mitra negosiasi, pemimpin yang baru Yoon Suk-yeol melihat negara itu sebagai musuh, kata Cheong Seong-chang dari Pusat Studi Korea Utara di Institut Sejong seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (8/5/2022).

Yoon telah berjanji untuk secara resmi mendefinisikan Pyongyang sebagai "musuh utama" Korea Selatan, Cheong menambahkan, dan tidak mengesampingkan serangan pre-emptive di Korea Utara.

Sikap garis keras ini tampaknya telah mengganggu Pyongyang.

Pada hari Kamis, situs propaganda Korea Utara Uriminzokkiri mengatakan Yoon membangkitkan "kegilaan konfrontatif" dan itu "tidak masuk akal" baginya untuk membahas serangan pencegahan.

3 dari 3 halaman

Perubahan Sikap 180 Derajat?

Moon, yang bertemu Kim empat kali saat menjabat, berusaha menghindari pertukaran retoris yang keras dengan Pyongyang, memprioritaskan keterlibatan.

Tetapi Cheong memperingatkan perjalanan yang sulit di depan dan mengatakan dia tidak mengharapkan pertemuan puncak.

Alih-alih diplomasi yang rumit, Yoon menginginkan "denuklirisasi lengkap dan dapat diverifikasi" dari Korea Utara - sesuatu yang merupakan kutukan bagi Kim, kata Hong Min, seorang peneliti di Institut Korea untuk Unifikasi Nasional.

Menyerukan Kim untuk melepaskan nuklirnya terlebih dahulu adalah "rintangan yang terlalu tinggi bagi Korea Utara untuk menerima" dan tampaknya akan meletakkan paku terakhir di peti mati program keterlibatan Moon yang dihargai, Hong mengatakan kepada AFP.

Yoon yang anti-feminis yang diakui memenangkan pemilihan pada bulan Maret dengan selisih tersempit yang pernah ada, dan sejak itu mundur dari beberapa janji kampanye domestiknya yang lebih eksplosif, terutama sumpahnya untuk menghapuskan Kementerian Kesetaraan Gender.

Pendekatannya yang lebih kuat terhadap Korea Utara, bagaimanapun, sudah jelas: Setelah Pyongyang menguji coba rudal balistik pada hari Rabu, tim Yoon menyebutnya sebagai "provokasi".

Di jalur kampanye, Yoon menyebut Kim sebagai "anak kasar" dan mengatakan kepada pemilih awal tahun ini: "Jika Anda memberi saya kesempatan, saya akan mengajarinya beberapa sopan santun."

Bahasanya mengingatkan kembali pada era "api dan kemarahan" 2017, ketika Kim dan Trump bertukar penghinaan melalui Twitter dan media pemerintah.

Aktivis Korea Selatan juga mengklaim telah memulai kembali pengiriman balon propaganda melintasi perbatasan, sesuatu yang dilarang Moon selama masa jabatannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.