Sukses

Top 3 News: Masa Libur Lebaran Anak Sekolah Diperpanjang hingga 12 Mei 2022

Tambahan waktu libur Lebaran bagi anak sekolah selama tiga hari, karena melihat akibat kemacetan pada saat arus mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Masa libur Lebaran anak sekolah diperpanjang hingga Kamis, 12 Mei mendatang. Sebelumnya Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menetapkan anak-anak kembali ke sekolah Senin esok hari, 9 Mei 2022. 

Pertambahan waktu libur Lebaran tersebut dikarenakan efek kemacetan dari arus balik Lebaran yang terus mengalami lonjakan. Bahkan diprediksi puncaknya sampai Senin, 9 Mei 2022.

Berita terpopuler kedua masih terkait arus balik. Kepadatan arus balik Lebaran 2022 tak hanya di jalur darat. Terminal Kedatangan Luar Negeri Bandara Soekarno-Hatta pun dipadati penumpang yang baru pulang dari liburan.

Bahkan dikatakan, saat di terminal kedatangan sempat diwarnai dengan sejumlah orang yang pingsan hingga menangis. Kondisi tersebut diunggah mantan Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Zulfikar Mochtar di akun Instagram pribadinya.

Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis sore, 5 Mei 2022.  Menurutrnya pihak imigrasi dan Angkasa Pura tidak antisipatif membludaknya terminal kedatangan imigrasi.

Sementara itu, rekayasa lalu lintas seperti ganjil genap dan one way diterapkan selama arus balik Lebaran 2022. Hal ini guna mengantisipasi kepadatan yang terjadi.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis, 5 Mei 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemerintah Memperpanjang Masa Libur Lebaran Anak Sekolah

Pemerintah memberikan kelonggaran masuk sekolah bagi para murid. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan tambahan masa libur Lebaran.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbudristek Anang Ristato, mengatakan, berdasarkan kalender pendidikan, seharusnya anak-anak kembali bersekolah pada Senin 9 Mei 2022.  

Namun, setelah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan akibat kemacetan pada saat arus mudik Lebaran, akhirnya pihak Kemendikbudristek memberikan tambahan waktu libur selama tiga hari.

Artinya, anak-anak seharusnya masuk sekolah pada Senin 9 Mei 2022 menjadi Kamis 12 Mei 2022.

Anang pun menjelaskan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

"Kemendikbudristek menindaklanjuti dengan berkoordinasi bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022," kata dia, Kamis (5/5/2022).

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Terminal Kedatangan Luar Negeri Bandara Soetta Padat, Diwarnai Pingsan dan Tangis

Kondisi padat membludak terjadi di Terminal Kedatangan Luar Negeri Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis sore, (5/5/2022). Peristiwa tersebut pun diwarnai sejumlah orang yang pingsan hingga menangis.

Pengalaman tersebut dibagikan oleh mantan Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Zulfikar Mochtar. Dia juga sempat mengunggah video terkait kondisi itu di Instagram pribadinya.

"Jadi tadi pada saat di terminal kedatangan itu kan ada deretan imigrasi di situ, kan ada 12 loket, tapi loket yang aktif untuk yang paspor biasa itu hanya lima, sementara itu yang datang kan itu ribuan orang. Jadi ada jemaah haji, ada TKI, ada macam-macam datang terus itu minim petugas. Kemudian pengaturannya tidak rapi, orang tua, anak-anak, tercampur semua, akibatnya ada beberapa yang pingsan," tutur Zulfikar saat dihubungi Liputan6.com dan menceritakan peristiwa kepadatan tersebut.

"Kemudian proses cukup lama, kemudian jadi ada banyak yang bertengkar, ada orang nangis-nangis segala macam," sambungnya.  

Menurut Zulfikar, kondisi tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Bahkan, dirinya yang terbilang berada di deretan terdepan antrean pun baru selesai proses imigrasi setelah memakan waktu dua jam lebih.

"Itu sekitar jam 16.30 sampai jam 18.00 WIB. Dua jam lebih itu yang datang itu. Kebetulan saya di depan-depan kan jadi sudah duluan, tapi itu saya mungkin sudah dua jam lebih, kemudian itu petugas sudah diteriaki, orang pada bertengkar, kemudian jadi masih panjang. Jadi saya kira maghrib itu baru pada tuntas," jelas dia.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Jadwal Ganjil Genap dan One Way Saat Arus Balik Lebaran hingga 9 Mei 2022

Selama arus balik Lebaran, rekayasa lalu lintas seperti ganjil genap dan one way akan diterapkan. Karena saat arus mudik, skema ini dinilai efektif untuk mengurai kepadatan.

Untuk diketahui, puncak arus balik mudik Lebaran tahun ini akan terjadi pada Jumat 6 Mei hingga 9 Mei 2022. Melihat kondisi tersebut, PresidenJokowi pun mengajak masyarakat kembali lebih awal untuk menghindari kemacetan.

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan bahwa mudik Lebaran 2022 ini diikuti oleh begitu banyak orang. Setidaknya, kata Jokowi, ada 85,5 juta orang yang melakukan perjalanan mudik pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Setidaknya 85,5 juta orang, 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini. Banyak sekali," ujar Jokowi melalui akun Instagramnya, Selasa, 3 Mei 2022. 

Lantas, seperti apa kebijakan lalu lintas pada arus balik Lebaran?

Korlantas Polri menyebut pada dasarnya kebijakan lalu lintas pada arus balik Lebaran akan mirip-mirip dengan aturan saat arus mudik.

Dalam SKB disebutkan, Polri dapat memberlakukan sistem satu arah mulai KM 442 (Gerbang Tol Bawen) dengan mempertimbangkan kondisi faktual volume lalu lintas yang terjadi.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.