Sukses

Pengunjung Membeludak, TMII Terapkan Sistem Buka Tutup Sementara

Penutupan sementara akses masuk di TMII tak selalu 30 menit, namun melihat kondisi dari kepadatan pengunjung.

Liputan6.com, Jakarta - Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, menerapkan sistem buka tutup sementara akibat jumlah wisatawan yang membludak pada Kamis (5/5/2022).

Pantauan di lokasi sekitar pukul 13.30 WIB, pihak pengelola TMII telah menutup akses masuk kendaraan bermotor di Pintu 3 yang berada di Jalan Mabes Hankam.

"Di dalam ada kepadatan nunggu yang keluar baru dibuka lagi 30 menit," kata Direktur Eksekutif TMII I Gusti Putu Ngurah Sedana di Jakarta, Kamis, dikutip dari Antara.

Sementara itu, arus lalu lintas menuju TMII juga terpantau padat merayap hingga satu kilometer di Jalan Mabes Hankam. Kendaraan pribadi yang didominasi oleh roda empat terlihat mengular saat memasuki TMII.

Sedana mengatakan, penutupan sementara akses masuk di TMII tak selalu 30 menit, namun melihat kondisi dari kepadatan pengunjung. Apabila jumlahnya sudah menurun, maka pintu masuk akan kembali dibuka.

Lebih lanjut, TMII saat ini juga memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung hanya 30 ribu. Tak hanya itu, TMII juga hanya membuka tiga akses masuk yaitu melalui Pintu 2, Pintu 3, dan Pintu 4.​​​​​​Sementara untuk Pintu 1 tidak dapat digunakan karena masih dalam perbaikan.

Hingga saat ini tercatat ada sebanyak 15.878 wisatawan yang datang berkunjung ke TMII. "Jumlah pengunjung yang masuk TMII 15.878 orang hingga pukul 13.50 WIB," ujar Sedana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

7.489 Orang Kunjungi TMII hingga Pukul 10.30 WIB

Direktur Eksekutif Taman Mini Indonesia Indah (TMII) I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan wisatawan yang mengunjungi TMII pada hari ini sudah mencapai 7.489 pengunjung. Data ini dia terima hingga pukul 10.30 WIB.

"Jumlah pengunjung yang masuk TMII perorangan atau tiket online sebanyak 7.489," ujar dia kepada Liputan6.com, Kamis (5/5/2022).

Dia menyebut, selama Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level dua dan revitalisasi TMII, pengunjung TMII hanya dibatasi sebanyak 50 persen.

"Pembatasan kunjungan hanya di 50 % atau sebanyak 30 ribu di buka untuk umum," kata dia.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) khusus dibuka selama Hari Raya Idul Fitri 2022. TMII dibuka hanya selama Sabtu 30 April 2022 sampai dengan 8 Mei 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pun mengajak masyarakat Jabodetabek yang tidak mudik untuk berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Bagi masyarakat Jakarta yang tidak mudik atau mereka yang memang tinggal di sekitar Jabodetabek, salah satu destinasi yang bisa dikunjungi adalah TMII," kata Sandiaga, Senin (2/5/2022).

3 dari 3 halaman

TMII Dibuka Terbatas hingga 8 Mei 2022, Ada 11 Wahana yang Bisa Dinikmati

 

Sandiaga menyampaikan, saat ini destinasi wisata yang berada di Jakarta Timur itu masih dalam tahap revitalisasi. Namun dalam menyambut momentum libur lebaran, pengelola memutuskan untuk membuka secara terbatas TMII.

"Taman Mini ini merupakan destinasi wisata favorit dan memiliki track record yang cukup eksis dengan kunjungan yang sangat tinggi. Dan hari ini kita melihat langsung proses revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah yang memang sudah menjadi ikonis," ucapnya.

Menparekraf menilai meski kawasan TMII masih dalam proses revitalisasi, namun kesiapan pengelola untuk membuka secara terbatas TMII selama libur lebaran sudah cukup baik.

"Saya sudah memantau protokol untuk e-ticket, juga scan QR code, protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, dan semuanya," bebernya.

Direktur Eksekutif TMII I Gusti Putu Ngurah Sedana menjelaskan dalam operasional terbatas ini TMII menetapkan pembatasan kuota pengunjung sebanyak 25 persen atau sekitar 15 ribu orang per hari. Jam operasional dimulai pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Sedangkan wahana yang beroperasi juga tidak seluruhnya. Hanya ada 11 wahana yang akan beroperasi selama periode libur lebaran kali ini.

"Dalam menyambut libur lebaran kali ini akan ada 11 wahana yang dibuka, seperti Taman Burung, Museum Komodo, Dunia Air Tawar, Kereta Gantung, Taman Legenda Keong Emas, Skyworld, PP IPTEK, SS Waterpark, Istana Anak-Anak Indonesia, Museum, dan Anjungan Daerah," ujarnya.

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, pengelola TMII, akan menyiapkan kantong-kantong parkir kendaraan.

"Karena sebagian besar pedestrian masih belum selesai. Mudah-mudahan ini bisa memberikan kemudahan dan rasa berlibur yang aman dan lancar bagi wisatawan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.