Sukses

Jelang Lebaran, Jokowi Bagikan Sembako dan THR di Depan Istana Bogor

Presiden Jokowi membagikan sembako dan THR kepada masyarakat di pintu Istana Kepresidenan Bogor. Pembagian dilakukan pada H-3 Lebaran Idul Fitri 2022.

Liputan6.com, Bogor - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membagikan paket sembako dan tunjangan hari raya (THR) secara langsung kepada warga jelang Lebaran Idul Fitri 1433 H/2022 M. Pembagian dilakukan di Pintu 2 Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022) malam.

Dengan mengenakan baju koko warna putih, Jokowi mendatangi warga yang sudah berbaris sesuai nomor antrean di depan Istana Bogor. Jokowikemudian memberikan paket sembako kepad warga.

Tak hanya sembako, Jokowi juga membagikan THR berupa amplop berisi uang tunai yang diberikan secara acak.

Komandan Kodim (Dandim) 0606 Kota Bogor Letkol Inf Ali Akhwan mengatakan, Presiden Jokowi menyediakan 2.000 paket sembako untuk warga setempat. Sasarannya adalah warga yang membutuhkan.

"Dalam rangka lebaran ini membagikan 2.000 paket sembako kepada warga, terutama yang ekonomi tidak mampu, para pedagang, dan masyarakat yang di bawah garis kemiskinan agar mereka bisa berlebaran dengan baik di Kota Bogor ini," ucap Ali kepada wartawan.

Sementara itu, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, sebanyak 300 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan kegiatan sosial ini.

"Pembagian sembako dimulai tadi pukul 20.34 WIB. Supaya tertib, warga yang ingin mendapat paket sembako terlebih dahulu diberikan kupon yang dibagikan di halaman Balai Kota Bogor," terang dia.

Setelah mendapat kupon, aparat TNI-Polri di lokasi mengantarkan warga menuju depan Pintu 2 Istana Kepresidenan Bogor untuk mendapatkan paket sembako dari Presiden Jokowi yang telah disiapkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Mudik ke Yogyakarta

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan mudik pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Alih-alih ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah, Jokowi memilih untuk mudik ke Yogyakarta pada Lebaran 2022.

"Saya mudik ke Solo, tapi saya enggak ke Solo. Jadi saya ke Jogja," ujar Jokowi kepada wartawan sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (25/4/2022).

Tak hanya mudik, dia juga akan melaksanakan Sholat Idul Fitri di Yogyakarta. Kendati begitu, Jokowi belum mengetahui berapa lama dia akan berada di Yogyakarta.

"Insyaallah iya (Sholat Idul Fitri di Yogyakarta)," ucap dia.

Jokowi menekankan dia tidak melakukan halal bihalal atau open house pada Lebaran tahun ini. Hal ini mengingat halal bihalal dapat menimbulkan kerumunan masyarakat.

"Ndak, seperti yang sudah saya sampaikan, halal bihalal terutama yang menyangkut kerumunan orang banyak. Pemerintah ajak sebaiknya tidak, utamanya untuk para pejabat," jelas Jokowi.

Untuk diketahui, Pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik Lebaran 2022. Jokowi mengatakan arus mudik Lebaran 2022 diprediksi akan sangat ramai.

Menurut dia, ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan untuk perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

3 dari 4 halaman

Jokowi Tekankan Syarat Mudik

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman harus sudah disuntik vaksin Covid-19 sebanyak dua kali. Kemudian juga mendapat vaksin dosis penguat atau booster.

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran juga dipersilahkan, juga diperbolehkan, dengan syarat sudah mendapatkan 2 kali vaksin dan 1 kali Booster. Serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (23/3/2022).

Di sisi lain, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga melarang para pejabat dan pegawai pemerintah untuk melakukan acara buka bersama dan open house atau halal bihalal saat Lebaran 2022. Jokowi berharap kondisi Covid-19 dapat tetap terkendali saat Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

"Semoga tren yang semakin membaik ini dapat kita pertahankan. Saya minta kita semuanya tetap menjalankan protokol kesehatan, disiplin menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak," tutur Jokowi.

4 dari 4 halaman

Ma'ruf Amin Mudik ke Banten

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berencana melakukan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Setelah salat baru dia akan mudik Lebaran ke kampung halamannya di Banten.

"Saya sendiri mungkin saya akan salat di Jakarta. Mungkin saya di Istiqlal" kata dia seperti dalam rekaman video dari Sekretariat Wakil Presiden, Selasa 26 April 2022.

Ma'ruf Amin menyebut, lokasi mudiknya sangat dekat dari Jakarta. Karena jarak yang dekat, ia bisa mudik sampai dua kali dalam sebulan.

"Kalau mudiknya saya tidak jauh, saya kan mudik dekat sekali di Banten situ, satu setengah jam. Jadi mudik buat saya itu satu bulan bisa dua kali, jadi karena memang dekat," tutur dia.

Lebih lanjut, Ma'ruf Amin meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan meski dibolehkan mudik.

Masyarakat, lanjutnya juga diimbau menerima vaksinasi dosis ketiga Covid-19 atau booster.

"Hanya pemerintah minta supaya tetap menjaga protokol kesehatan, vaksinasinya supaya dibooster, supaya aman," kata Ma'ruf Amin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.