Sukses

Prestasi Istiqlal Jadi Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Dunia Bikin Bangga Rakyat Indonesia

Sertifikat bangunan ramah lingkungan EDGE diterima Masjid Istiqlal dari International Finance Corporation (IFC), sebuah lembaga pendanaan yang bernaung di bawah Bank Dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) menobatkan Istiqlal sebagai masjid ramah lingkungan pertama di dunia. Ketua DPR RI, Puan Maharani mengapresiasi prestasi itu.

Menurut Puan, keberhasilan Istiqlal membanggakan seluruh rakyat Indonesia. Renovasi Masjid Istiqlal, kata dia, berjalan baik. Dia menuturkan, sertifikat ramah lingkungan itu memperlihatkan hasil renovasi Masjid Istiqlal yang rampung tahun lalu, telah memenuhi prinsip-prinsip desain bangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

"Dari sisi bangunan serta renovasinya tidak hanya bagus, tetapi memang memenuhi standar sebagai green building (bangunan ramah lingkungan)," ujar Puan, seperti dilansir Antara.

Sertifikat bangunan ramah lingkungan EDGE diterima Masjid Istiqlal dari International Finance Corporation (IFC), sebuah lembaga pendanaan yang bernaung di bawah Bank Dunia. Sertifikasi bangunan hijau EDGE telah berlangsung sejak 2014 di 170 negara, termasuk Indonesia.

EDGE pun jadi standar bangunan hijau yang membantu negara-negara berkembang untuk memperhatikan aspek lingkungan utamanya jejak karbon saat mendirikan bangunan.

Masjid Istiqlal setelah menerima sertifikat EDGE, Rabu (6/4), jadi masjid pertama yang menerima pengakuan sebagai masjid ramah lingkungan di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangunan Bersejarah

Sertifikat EDGE itu diberikan oleh Perwakilan IFC untuk Indonesia dan Timor Leste Azam Khan kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar di Jakarta, Rabu (6/4/2022).

Masjid Istiqlal merupakan salah satu bangunan bersejarah di Indonesia yang ide awal pembangunannya dicetuskan oleh Proklamator Kemerdekaan Indonesia sekaligus Presiden Ke-1 RI Soekarno.

Dalam berbagai literatur, Soekarno menyampaikan ide pembangunan Masjid Istiqlal tercetus pada 1944 dalam pertemuan antara dirinya bersama para ulama, tokoh-tokoh Islam, dan pimpinan organisasi Islam.

Kemudian, ide itu kemudian terwujud setelah dana pembangunan cukup. Pemancangan tiang pertama Masjid Istiqlal berlangsung pada 24 Agustus 1961. Kala itu, Soekarno berharap Masjid Istiqlal jadi salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara.

Sumber: Antara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.