Sukses

Top 3 News: Aturan Ganjil Genap yang Berlaku di Jalan Jakarta

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyatakan, tidak akan memperluas wilayah kebijakan pembatasan kendaraan roda empat ganjil genap di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait masih berlakunya aturan ganjil genap (gage) di jalanan Ibu Kota Jakarta. Termasuk pada Jumat 8 April 2022.

Diketahui, penerapan aturan ganjil genap tersebut seiring dengan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM di Jawa dan Bali yang kembali diperpanjang terhitung mulai Senin 4 April 2022.

Menurut Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, pihaknya tidak akan memperluas wilayah kebijakan pembatasan kendaraan roda empat ganjil genap tersebut.

Jadwal ganjil-genap di Ibu Kota Jakarta, tetap terbagi dalam dua sesi. Pada pagi hari dimulai pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Kemudian sore hari ganjil genap pada pukul 16.00 WIB-20.00 WIB.

Kemudian, belum lama ini viral di sosial media (sosmed) flyer atau selebaran ajakan aksi unjuk rasa di Istana Negara, Jakarta pada 11 April 2022.

Seperti dilihat pada Kamis 7 April 2022, terdapat dua flyer berisi ajakan aksi turun ke jalan pada Senin, 11 April 2022 yang beredar di media sosial dan aplikasi perpesanan.

Meski begitu, ditegaskan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, pihaknya belum menerima surat pemberitahuan aksi demo tersebut dari pihak penyelenggara.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah komedian Marshel Widianto yang menegaskan dirinya tidak membenarkan transaksi konten antara dia dengan Dea OnlyFans atau Gusti Ayu Dewanti.

Marshel memastikan, transaksi tersebut dilakukan bukan demi kepuasan pribadi melainkan murni untuk menolong kesulitan ekonomi Dea.

Marshel meyakini, tidak ada satu orang pun yang tahu transaksi antara dirinya dan Dea. Semua terjadi dalam ranah privat antara keduanya.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat 8 April 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ganjil Genap Jakarta Berlaku Hari Ini 8 April 2022, Cek Selengkapnya

Penerapan aturan ganjil genap (gage) masih terus diberlakukan di jalanan Jakarta. Termasuk pada hari ini, Jumat 8 April 2022.

Penerapan aturan ganjil genap tersebut seiring dengan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM di Jawa dan Bali yang kembali diperpanjang terhitung mulai Senin 4 April 2022.

Untuk jadwal ganjil-genap di Ibu Kota Jakarta, terbagi dalam dua sesi. Pada pagi hari dimulai pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Kemudian sore hari ganjil genap pada pukul 16.00 WIB-20.00 WIB.

Disampaikan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, pihaknya tidak akan memperluas wilayah kebijakan pembatasan kendaraan roda empat ganjil genap tersebut.

"Kalau tambah 25 kawasan saya harus menambah anggota untuk mengawasi, karena tidak semua kawasan ada ETLE dan anggota saya sudah di tempatkan di kawasan yang ada," ujar Sambodo kepada wartawan, Selasa 5 April 2022.

Sambodo menerangkan, kepolisian bersama-sama Dinas Perhubungan terus berkoordinasi membahas kebijakan ganjil genap.

Berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 tentang Ganjil Genap, semestinya kebijakan gage berlaku di 25 titik DKI Jakarta. Namun, Sejauh ini, ganjil genap hanya diterapkan di 13 ruas jalan.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Beredar Selebaran Aksi 11 April 2022 di Istana, Ini Kata Polisi

Flyer atau selebaran ajakan aksi unjuk rasa di Istana Negara, Jakarta pada 11 April 2022 beredar di media sosial. Kepolisian menegaskan, belum menerima surat pemberitahuan aksi demo tersebut dari pihak penyelenggara.

"Sampai saat ini kita tidak menerima permohonan untuk penyampaian pendapat di muka umum," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, Kamis (7/4/2022).

Seperti dilihat pada Kamis 7 April 2022 , terdapat dua flyer berisi ajakan aksi turun ke jalan pada Senin, 11 April 2022 yang beredar di media sosial dan aplikasi perpesanan.

"11 April 2022 #JakartaTutup sampai #JokowiTurun. Serentak. Mahasiswa & Rakyat Bersatu," bunyi flyer tersebut.

Di samping itu, ada pula flyer Aksi 11 April 2022 yang diperuntukkan bagi kalangan pelajar STM.

"#STM Bergerak !!!, Se-Jabodetabek, Senin 11 April 2022 pukul 13.00- sampai menang," tulis flyer.

Zulpan meminta masyarakat bijak merespons isi flyer yang beredar. Menurutnya, Polda Metro Jaya sampai sekarang belum menerima permohonan terkait rencana unjuk rasa.

"Polda Metro Jaya ingin sampaikan tidak mudah dan percaya dengan ajakan tersebut, karena sampai saat ini Polda Metro belum terima permohonan kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum oleh kelompok manapun," ujar dia.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Transaksi dengan Dea OnlyFans Berlangsung Privat, Marshel: Masa Gue Cerita Beli Bokep?

Komedian Marshel Widianto menegaskan, dirinya tidak membenarkan transaksi konten antara dia dengan Dea 'OnlyFans' atau Gusti Ayu Dewanti. Namun, dia memastikan, transaksi tersebut dilakukan bukan demi kepuasan pribadi melainkan murni untuk menolong kesulitan ekonomi Dea.

"Perilaku gua memang tidak dibenarkan, tapi hanya untuk menolong sih sebenarnya, ada rasa iba," ucap Marshel kepada awak media di Polda Metro Jaya, Kamis 7 April 2022.

Marshel meyakini, tidak ada satu orang pun yang tahu transaksi antara dirinya dan Dea. Semua terjadi dalam ranah privat antara keduanya.

"Jujur ini ranah privat, masa gua ceritain, 'eh gua beli bokep', engga dong! Ini ranah gua pribadi, itulah kenapa tidak ada yang tahu juga dan banyak yang kaget juga," kata Marshel.

Marshel saat ini masih berstatus saksi. Secara kooperatif Marshel datang dan menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya pada Kamis 7 April 2022.

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menangkap Dea yang merupakan konten kreator dalam platform OnlyFans. Dea ditangkap pada Kamis malam 24 Maret 2022 malam di Malang, Jawa Timur.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.