Sukses

Ada Perbedaan Awal Ramadhan, Pemerintah Minta Umat Islam Tetap Toleran

Dengan demikian, terjadi perbedaan antara awal puasa versi pemerintah dan kelompok ormas keagamaan Muhammadiyah. Ormas Muhammadiyah sebelumnya telah menetapkan tanggal 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada 3 April 2022. Keputusan tersebut berdasarkan hasil sidang isbat penentuan awal puasa di Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (1/4/2022).

Dengan demikian, terjadi perbedaan antara awal puasa versi pemerintah dan kelompok ormas keagamaan Muhammadiyah. Ormas Muhammadiyah sebelumnya telah menetapkan tanggal 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

Meski begitu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap semua masyarakat dapat tetap saling menjunjung rasa toleransi. Dia juga ingin semua pihak menjaga ketertiban dalam menanggapi perbedaan awal Ramadhan tahun ini.

"Izinkan kami mengimbau agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban agar kita tetap bisa menjadi masyarakat yang moderat dan benar-benar toleran," kata Menag Yaqut saat jumpa pers, Jumat (1/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permohonan Maaf

Menutup jumpa persnya, mewakili pemerintah, Yaqut menyampaikan permohonan maaf dan mengucapkan selamat bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 Hijriah.

"Selaku Menag dan mewakili pemerintah, saya menyampaikan permohonan maaf lair batin dan selamat menjalankan ibadah puasa," tutur Yaqut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.