Sukses

Top 3 News: Hilal Tak Terlihat, BRIN Sebut Awal Ramadan Kemungkinan 3 April 2022

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) angkat bicara soal hilal awal Ramadan yang tak mungkin terlihat pada 1 April 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) angkat bicara soal hilal yang tak mungkin terlihat pada 1 April 2022.

Menurut Profesor Riset Astronomi-Astrofisika, Pusat Riset Antariksa BRIN Thomas Djamaluddin, dengan tak terlihatnya hilal, maka Ramadan 1443 akan jatuh pada 3 April 2022.

Sementara Muhammadiyah telah memutuskan 1 Ramadhan jatuh pada 2 April 2022. Karena itu, tahun ini awal ramadan ini berpotensi berbeda.

Kemudian, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa politikus Partai Demokrat Andi Arief, Senin 28 Maret 2022.

Andi Arief bakal dimintai keterangan seputar kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa serta perizinan di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara yang menjerat Bupati nonaktif Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman yang buka suara terkait rencananya menikahi Idayati, adik kandung Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Ditegaskan Anwar, pernikahan merupakan salah satu ketetapan dari Sang Pencipta. Dia lantas menyebut, pernikahannya dengan Idayati masih sebatas rencana.

Menurut Anwar, yang menentukan rencana itu akan berjalan lancar adalah Tuhan Yang Maha Esa.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 28 Maret 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Hilal Tak Mungkin Terlihat, BRIN Sebut Awal Ramadan 1443 Kemungkinan 3 April 2022

Profesor Riset Astronomi-Astrofisika, Pusat Riset Antariksa BRIN Thomas Djamaluddin mengungkapkan, hilal tak mungkin terlihat pada 1 April 2022. Dengan begitu, Ramadhan 1443 akan jatuh pada 3 April 2022.

Sementara Muhammadiyah telah memutuskan 1 Ramadhan jatuh pada 2 April 2022. Karena itu, tahun ini awal ramadan ini berpotensi berbeda.

"Garis tanggal pada saat maghrib 1 April 2022. Dengan kriteria Wujudul Hilal (antara arsir merah dan putih), Muhammadiyah sudah memutuskan 1 Ramadhan 1443 pada 2 April 2022. Namun, garis tanggal tinggi 2 derajat sedikit di sebelah barat wilayah Indonesia. Artinya, sangat tidak mungkin akan terlihat hilal pada 1 April di wilayah Indonesia, sehingga 1 Ramadhan 1443 berpotensi 3 April 2022," terang dia dalam blog yang dikutip, Senin 28 Maret 2022.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. KPK Panggil Politikus Demokrat Andi Arief dalam Kasus Suap Penajam Paser Utara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan memeriksa politikus Partai Demokrat Andi Arief, Senin 28 Maret 2022.

Andi Arief bakal dimintai keterangan seputar kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa serta perizinan di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara yang menjerat Bupati nonaktif Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud.

"Andi Arief (wiraswasta/wakil sekretaris jenderal Partai Demokrat) diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AGM (Abdul Gafur Mas'ud)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin 28 Maret 2022.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Ketua MK Anwar Usman: Saya Menikah dengan Siapa pun Tak Bisa Dilarang

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman menyatakan, tak ada yang berhak mencampuri keputusan pribadinya menikahi Idayati, adik kandung Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Menurut Anwar, pernikahan merupakan salah satu ketetapan dari Sang Pencipta.

"Itu hak mutlak Allah untuk menentukan si a menikah dengan si b, si b menikah dengan si a. Saya dengan siapa pun. Enggak bisa dilarang oleh siapa pun. Salah satu hak mutlak Allah yang menentukan jodoh. Jodoh kelanjutan atau jodoh pertama," ujar Anwar Usman dalam acara yang diselenggarakan IAIN Pekalongan seperti dikutip dari akun Youtube MK, Senin 28 Maret 2022.

Anwar menyebut, pernikahannya dengan Idayati masih sebatas rencana. Menurut dia, yang menentukan rencana itu akan berjalan lancar adalah Tuhan Yang Maha Esa.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Sejumlah daerah memiliki tradisi 'bersih-bersih diri' dengan cara mandi menyambut Ramadan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.