Sukses

Jokowi Sebut IKN Nusantara Pekerjaan Rumit, Perkiraan 20 Tahun Baru Rampung

Jokowi mengatakan IKN Nusantara adalah pekerjaan yang raksasa besarnya. Jadi bukan pekerjaan mudah.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menuturkan untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) tidaklah mudah. Butuh waktu 15-20 tahun sehingga rampung proyek besar itu.

"Ini kan sebuah pekerjaan yang raksasa besarnya, ini pekerjaan besar sekali. Jadi, dan juga bukan pekerjaan mudah, ini pekerjaan rumit. Memang butuh waktu yang panjang. Perkiraan kita 15-20 tahun baru bisa diselesaikan," kata Jokowi dalam saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/3/2022).

Jokowi menuturkan dengan sudah dilantiknya Kepala Badan Otorita Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN, Dhony Rahajoe sudah bisa disiapkan terkait kelembagaan, perencanaan. Sehingga dapat lebih rinci proyeksi apa yang akan dikerjakan.

"Kira harapkan dengan sudah terbentuknya otorita, ada kepala otorita, wakil kepala otorita, nanti yang siapkan kelembagaan sudah ada, perencanaan lebih detail DED disiapkan, sehingga makin kelihatan nanti. Yang paling penting memang infrastruktur dasar yang segera dimulai," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengaku pembangunan kota butuh 15-20 tahun. Hal itu disampaikannya usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta (10/3).

"Untuk membangun kota dengan baik tentu memerlukan waktu 15-20 tahun biasanya sehingga kota itu benar-benar mempunyai roh atau soul of the city," katanya.

Dia menjelaskan fokus kali ini tidak hanya membangun fisik saja. Melainkan membangun kerekatan sosial, interaksi antar warganya, kemudian bagaimana kota tersebut benar-benar akan menjadi jadi kota layak huni, humanis, dan livable.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mohon Dukungan Semua Pihak

Lebih lanjut dia menjelaskan pihaknya akan segera menghubungi pihak-pihak Kementerian/Lembaga terkait yang selama ini sudah mempersiapkan konsepnya. Mulai dari Bappenas yang sudah lebih dari 2017 melakukan berbagai macam penelitian.

"KL lain yang meneruskan pembangunan, PUPR dan lain. Melalui kesempatan ini," bebernya.

Kemudian dia juga mengharapkan dukungan dari seluruh pihak. Sehingga IKN bisa merefleksikan kenusantaraan.

"Kekitaan semua tentu dengan kearifan lokal yang sangat tinggi sesuai lokasi yang berada di Kalimantan Timur. Untuk itu kami mohon dukungan semua lapisan masyarakat untuk sama-sama kita membangun kota Nusantara sehingga menjadi kota yang inklusif hijau cerdas dan berkelanjutan," pungkasnya.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.